CiriCara: 5 Ciri Orang Stres Akibat Smartphone

by
April 4th, 2013 at 3:11 pm

kecanduan smartphoneCiriCara.com – Kecanggihan teknologi, seperti smartphone atau ponsel pintar saat ini memang cukup memudahkan penggunanya. Misalnya, orang tersebut jadi bisa mengecek email kapan saja, bersosialisasi di jejaring sosial, hingga mengerjakan tugas kantor.

Namun, di balik kelebihan yang dimiliki itu ternyata smartphone juga menimbulkan masalah baru. Para penggunanya terkadang malah asyik memainkan smartphone-nya di saat sedang berkumpul bersama teman-teman atau sahabatnya. Selain itu, tak sedikit juga orang yang mengalami stres atau gelisah akibat kecanduan teknologi atau smartphone.

Dilansir Huffingtonpost.com, sebuah studi menunjukkan bahwa anak muda zaman sekarang tidak bisa lepas dari teknologi dan mereka harus selalu terhubung selama 24 jam atau seharian. Jika sudah begitu, maka mereka bisa stres akibat smartphone. Apakah Anda termasuk di dalamnya?

Dilansir sumber yang sama, berikut ciri-ciri orang stres akibat smartphone:

1. Merasa dibutuhkan saat ponselnya berdering

Setiap smartphone-nya itu berdering, baik karena ada chatting-an, email masuk, atau notifikasi di sosial media, mereka langsung meresponsnya. Padahal, notifikasi atau pesan yang masuk itu belum tentu penting untuk dirinya. Selain itu, orang yang tergila-gila pada smartphone juga sampai melupakan kehidupannya di dunia nyata.

2. Mengalami sindrom phantom

gila ponsel

Sindrom phantom merupakan suatu gejala bahwa orang itu mengalami kecanduan terkologi. Gejala yang ditunjukkan, seperti yakin merasakan telepon bergetar di dalam tas, tapi saat mengambilnya tak ada satu pun notifikasi yang masuk. Sindrom ini telah menjangkit sebagian besar orang yang menggunakan ponsel pintar. Apakah Ada pernah merasakan hal seperti itu?

3. Merasa cemas saat jauh dari ponsel

Orang yang merasa cemas saat jauh dari ponsel bisa dinamakan juga nomophobia atau No Mobile phone Phobia. Orang yang mengalami hal tersebut ditandai dengan tidak sanggup mematikan ponsel, selalu membawa ponsel kemanapun pergi termasuk kamar mandi, tidur bersama ponsel, dan lain sebagainya. Jika sampai pada tahap yang parah, maka orang tersebut bisa menjadi stres atau depresi akibat smartphone.

4. Merasa gelisah karena media sosial

Seseorang yang terus-menerus memikirkan apa yang dilakukan orang lain di media sosial, seperti ingin melihat kabar orang lain, melihat posting-annya bisa dikatakan bahwa dirinya telah terjangkit FOMO (fear of missing out). Selain itu, FOMO juga tak bisa menahan hasratnya untuk selalu mengecek timeline. Ketika mem-posting sesuatu, mereka juga mengharap mendapat balasan dari orang lain. Hati-hati jika Anda telah bersikap seperti itu karena lama-kelamaan bisa membuat stres.

5. Cuek dengan orang di sekitarnya

Sebagian besar orang yang memiliki smartphone mungkin pernah bersikap seperti ini. Saat sedang makan bersama keluarga atau para sahabat, ponsel pintar selalu berada di sebelah piring. Selain itu, mereka juga tak ingin mendengarkan pembicaraan orang di sekitarnya dan malah asyik memainkan ponsel pintarnya.

Itulah ciri orang yang bisa stres akibat smartphone. Apakah Anda merasa memiliki ciri-ciri seperti di atas? Jika iya, maka berhati-hatilah karena Anda bisa menjadi depresi atau stres. Bagi pengguna smartphone, alangkah baiknya untuk tetap menjalin komunikasi atau bersosialisasi dengan orang-orang di dunia nyata. (NR)

Comment di sini