CiriCara: Cara Cerdas Memilih Nama untuk Anak

by
April 4th, 2013 at 4:08 pm

nama untuk anakCiriCara.comSaat mengandung dan mendekati kelahiran si anak, biasanya calon orangtua akan sibuk memilihkan nama. Memilih nama untuk anak, apalagi anak pertama merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, hal tersebut terkadang membuat mereka bingung. Selain itu, mereka juga takut kalau nama yang diberikannya itu menjadi beban bagi anak.

Nama merupakan hadiah pertama yang orangtua berikan untuk anak dan akan digunakan seumur hidupnya. Hal tersebutlah yang menjadi alasan kuat kenapa orangtua tidak asal memberikan nama untuk anak.

Dalam pemilihan nama, terkadang yang terlibat di dalamnya bukan hanya orangtua saja. Tapi juga keluarga, kerabat, atau teman-teman yang mungkin bisa memberikan ide untuk nama si anak. Anda bingung ingin memberi nama si anak apa? Untuk itu, simak cara cerdas memilih nama untuk anak berikut ini:

1. Jelas untuk jenis kelaminnya

Nama-nama tertentu terkadang bisa digunakan untuk jenis kelamin cewek dan cowok. Namun alangkah baiknya memberikan nama yang sudah jelas untuk jenis kelamin si anak. Misalnya, nama internasional Courtney sebenarnya lebih sering digunakan untuk cewek. Tapi terkadang orangtua memberikan nama tersebut untuk anaknya yang berjenis kelamin laki-laki.

2. Jangan terpengaruh dengan nama-nama orang keren

Memberikan nama anak mirip dengan orang-orang keren atau artis sebaiknya jangan dilakukan. Terkadang kelakuan orang terkenal itu juga negatif, seperti mabuk-mabukan atau bersikap kasar. Tak ingin kan si anak memiliki sifat dan sikap sepertinya?

3. Buat nama yang sederhana

nama bayi

Untuk memilihkan nama si anak, sebaiknya jangan yang terlalu panjang hingga 4 atau 5 kata. Bayangkan jika si anak harus menulis nama lengkapnya di dalam sebuah formulir atau kertas ujian. Hal tersebut tentunya akan menghabiskan waktunya saja. Untuk itu, pilihlah nama untuk si anak yang sederhana saja.

4. Memiliki ejaan yang jelas

Banyak orangtua yang membuat nama anaknya dengan ejaan yang dibuat-buat sendiri agar terkesan berbeda. Misalnya, nama Selomita menjadi Shellomitha. Nama yang memiliki ejaan yang cukup rumit itu nantinya akan membuat si anak selalu mengoreksi kesalahan namanya yang ditulis oleh orang lain.

5. Indah dan serasi

Nama untuk si anak harus terdengar indah jika disucapkan oleh orang lain. Usahakan untuk mencari kecocokkan dengan nama terakhir keluarga atau antar kata terdengar indah jika digabungkan dalam sebuah nama. Jika ingin memberikan nama yang unik, maka pastikan nama itu tak sulit untuk diucapkan.

6. Perhatikan inisial dan nama panggilannya

Usahakan menghindari nama yang bisa memicu julukan-julukan tertentu sehingga bisa memalukan anak. Selain itu, carilah nama yang unik dan nama panggilan yang mudah diingat dan diucapkan.

7. Memiliki arti positif

Nama terkadang bisa mempengaruhi kehidupan si anak nantinya. Untuk itu, berikan nama yang mengandung makna positif serta hindari nama-nama yang memiliki arti buruk. Ingatlah bahwa bama akan dibawa si anak sepanjang hidupnya.

Itulah cara cerdas memilih nama untuk anak. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah Anda dan pasangan harus sama-sama menyukai nama tersebut. Lalu, nama apa yang akan Anda pilih untuk si anak nanti?

(NR)

Comment di sini