CiriCara: Cara Hemat Belanja Pakaian

by
April 4th, 2013 at 11:32 am

belanjaCiriCara.com – Siapa yang tak suka belanja? Sebagian besar orang ketika sedang berada di pusat perbelanjaan tentunya memiliki hasrat untuk membeli ini dan itu, seperti baju, tas, sepatu, kosmetik, atau barang-barang lainnya. Namun, keinginan tersebut jika selalu dituruti bisa membuat hidup Anda menjadi boros.

Barang yang paling sulit ditahan untuk membelinya adalah pakaian. Bagaimana tidak, pakaian termasuk kebutuhan sehari-hari seseorang. Selain itu, tren fesyen saat ini juga cukup memancing seseorang untuk mengikutinya. Akan tetapi, Anda harus bisa menahan hasrat untuk membeli pakaian.

Inilah cara hemat belanja pakaian:

1. Mencatat kebutuhan belanja sebulan

Alangkah baiknya untuk mencatat apa saja kebutuhan yang harus dibeli setiap bulannya. Misalnya, membeli pakaian, sepatu, tas, atau kebutuhan lainnya. Hal tersbut bertujuan untuk menghindari membeli barang yang terlalu berlebihan. Dengan adanya catatan, Anda jadi lebih mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan.

2. Membuat anggaran untuk berbelanja

uang belanja

Agar tak menjadi boros dan bisa mengerem keinginan untuk belanja, sebaiknya Anda membuat anggaran sendiri. Buatlah biaya untuk belanja Anda setiap bulannya dan sebaiknya pisahkan rekening antara biaya belanja dengan dana yang Anda tabung. Dengan begitu, Anda jadi tidak harus mengeruk tabungan demi memuaskan hasrat untuk belanja pakaian. Selain itu, jika biaya untuk belanja sudah habis, maka Anda pun jadi tidak bisa pergunakan uang lain untuk belanja.

3. Manfaatkan diskon

Diskon biasanya akan digelar beberapa pusat perbelanjaan pada akhir tahun atau hari-hari biasa. Untuk itu, tak ada salahnya Anda memanfaatkan diskon tersebut untuk membeli pakaian. Namun, berhati-hatilah karena barang diskon terkadang ada yang cacat. Dengan begitu, budget yang dimiliki untuk belanja pakaian bisa untuk membeli beberapa pakaian.

4. Berpikir panjang sebelum membeli

Ketika melihat pakaian atau celana yang menarik perhatian, cobalah untuk bisa belajar menahan diri. Jangan langsung memutuskan untuk membeli barang tersebut karena bagus. Akan tetapi, Anda harus berpikir panjang. Ketahuilah pakaian yang bagus dan menarik perhatian itu belum tentu cocok Anda kenakan atau bermanfaat untuk Anda.

Itulah cara hemat belanja pakaian. Bagaimanapun juga, Anda harus bisa mengerem nafsu belanja pakaian itu dengan baik. Jika terus mengikuti keinginan, maka bisa membuat hidup menjadi lebih boros. Tak mau kan uang yang dimiliki sebulan habis hanya untuk membeli pakaian saja?

(NR)

Comment di sini