Demo Serentak: Pelayan KFC, McDonald dan Wendy’s

by

Fast Food Strike New York City

Pelayan kerja restoran fast food KFC, McDonald, dan Wendys di sekitar 70 kota di Amerika Serikat hari ini mengadakan mogok kerja untuk memprotes mengenai upah minimum mereka. Para pekerja menginginkan kenaikan upah minimum dari $7.25/jam (Rp.70 ribu) loncat menjadi $15.00 (Rp.140 ribu). Para demonstran itu tergabung dalam satu group yang menamakan diri mereka Fast Food Forward.

Di dalam industri restoran Fast Food lainnya, para pekerja biasanya mendapatkan upah minimum sekitar $8.72/jam (Rp.80 ribu). Jadi upah yang diberikan oleh resto Fast Food ternama di atas memang masih di bawah rata2.

Di mata para pengusaha, kenaikan upah dua kali lipat pasti akan memberatkan usaha mereka. Pihak-pihak restoran Fasto Food tersebut tidak langsung memberhentikan atau mengganti para pekerja yang melakukan protes tersebut.

Bagaimana tanggapan Anda dengan demo pelayan fast food di Amerika kali ini? Apakah mereka meminta gaji yang berlebihan? Misalnya Anda dapat bekerja di Amerika Serikat, maukah Anda bekerja dengan gaji sebesar 70 ribu per jam yang dalam setahun kira-kira senilai 170 juta rupiah???


comments powered by Disqus