Galaxy Mega, Smartphone Baru Samsung dengan Layar 6,3 Inci

by
April 4th, 2013 at 4:54 pm

sgCiriCara.comGadget berlayar besar tampaknya sudah menjadi ciri khas produk Samsung kelas atas. Lihat saja semakin baru semakin besar pula layarnya, seperti Galaxy S generasi pertama hadir dengan layar berukuran 4 inci, kini Galaxy S4 hadir dengan layar 5 inci dan begitu pun juga untuk seri Galaxy Note.

Dilansir dari Los Angeles Times, menurut laporan, Samsung sedang mengerjakan dua buah smartphone berlayar besar yakni satu berlayar 6.3 inci dan satu lagi memiliki layar 5.8 inci. Menurut SamMobile, sebuah situs berita yang menjadi wadah perkembangan berita-berita Samsung, dua ponsel pintar ini akan diberi nama Samsung Galaxy Mega dan akan meluncur di pasaran paling cepat pertengahan 2013.

Bila berita ini benar, maka Samsung Galaxy Mega akan menjadi smartphone dengan layar terbesar, mengungguli Huawei Ascent dengan layar 6.1 inci. Sebagai perbandingan saja, iPhone 4 dan 4s hanya memiliki layar 3.5 inci saja, sedangkan smartphone tercanggihnya Apple, yakni iPhone 5 hanya hadir dengan layar 4 inci.

Samsung bisa jadi sebagai trend-setter smartphone masa kini dengan layar yang selalu membesar setiap serinya, seperti layaknya smartphone-smartphone yang keluar beberapa tahun ini. Galaxy Note I hadir pada 2011 dengan layar 5.3 inci lalu disusul Galaxy Note II tahun 2012 dengan layar 5.5 inci.

Namun dengan layar 6.3 inci, Galaxy Mega lebih sesuai dengan label tablet ketimbang smartphone, sebab ukuran tablet terkecil hanya terpaut 0.7 inci dari smartphone ini. Lihat saja Galaxy Tab 2 7.0, Nexus 7, dan Kindle Fire HD, semuanya memiliki layar 7 inci, tidak berbeda jauh dengan Galaxy Mega.

Menurut GigaOM, memang bukan tidak mungkin Samsung meluncurkan gadget layar besar ini, mengingat pabrikan elektronik Korea Selatan ini sedang mengembangkan aplikasi untuk perangkat smartphone-nya yang memampukan lebih dari 1 aplikasi berjalan dalam satu layar yang sama.

Akankah ini menjadi kenyataan atau hanya rumor belaka? Tampaknya bukan hal yang tidak mungkin terjadi, mungkin hanya perkara waktu saja mengingat Samsung juga sedang fokus ke peluncuran smartphone terbarunya, Galaxy S4 yang diduga masih cacat software. (LH)

Los Angeles TImes

Comment di sini