Polda Bali Siap Beri Sanksi Anggota di Video Polantas Tilang Bule

by
April 4th, 2013 at 2:30 pm

Polisi Tilang BuleJakarta (CiriCara.com) – Polda Bali menyatakan siap memberikan sanksi kepada anggotanya yang terekam kamera tengah menilang dan mengajak “damai” seorang bule di Bali. Oknum tersebut akan dilacak berdasarkan bukti video yang beredar di Youtube.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Hariadi menuturkan bahwa sanksi yang akan diberikan masih bersifat dinamis. Pihaknya belum bisa menentukan hukuman sebelum hasil penyelidikan kasus itu diketahui.

“Tergantung nanti apakah termasuk pelanggaran etik atau disiplin,” jelas Kombes Hariadi, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (4/4/2013).

Menurut Kombes Hariadi, proses hukum polisi penilang bule itu akan dilakukan sesuai dengan prosedur. Saat ini pihaknya tengah berfokus pada pencarian oknum yang terlihat dalam video tersebut. Setelah itu, barulah sanksi bisa diterapkan.

Sebelumnya, dalam tayangan di situs Youtube terlihat seorang polisi tengah menilang seorang turis asal Belanda yang diketahui bernama Kees van Der Spek. Kejadian itu terjadi di depan Pos Polisi LIO Square, Bali.

Saat melakukan interogasi, polisi yang cukup fasih berbahasa Inggris itu menawari Van Der Spek solusi “damai”. Polisi itu meminta uang “damai” kepada Van Der Spek sebesar Rp 200 ribu. Tidak hanya itu, polisi “nakal” itu juga mengajak Van Der Spek untuk minum bir bersama.

Setelah minum bir bersama, barulah Van Der Spek diperbolehkan untuk pergi dengan jaminan tidak akan ditilang lagi meskipun tidak memakai helm. “Anda bisa pergi ke mana saja sekarang,” ucap polisi lalu lintas itu.

Siapa sebenarnya polisi “nakal” ini? (YG)

Comment di sini