Video Polantas Terima Suap dari Bule Disiarkan TV Belanda

by

Jakarta (CiriCara.com) – Video polisi lalu lintas (Polantas) di Bali yang menerima uang “damai” saat menilang seorang turis ternyata juga disiarkan di TV Belanda. Dalam video yang beredar di Youtube terlihat logo dari televisi Belanda, SBS6.

imagebam.comSumber foto: YouTube

Video yang diberi judul “Polisi Korupsi Di Bali/ Corruption Police in Bali” menggambarkan sebuah situasi saat turis bernama Kees van Der Spek ditilang polisi karena tidak memakai helm saat mengendarai sepeda motor. Saat melakukan interogasi, ternyata polisi itu malah meminta uang “damai” kepada Kees.

Kees pun kemudian memberikan uang “damai” sekitar Rp 200 ribu agar dia tidak perlu disidang. Parahnya, polisi tersebut kemudian mengajak Kees untuk meminum bir. “Yang seratus untuk beli bir. Yang seratus untuk pemerintah saya,” kata polisi tersebut.

Lihat videonya di sini.

Setelah diselidiki, ternyata rekaman video tersebut merupakan bagian dari salah satu acara televisi berjudul “Oplichters in het Buitenland”. Dimana Kees merupakan seorang reporter dari acara yang menceritakan tindak kriminal yang sering terjadi pada turis Belanda itu.

“Saya mencari tahu kriminalitas sering menimpa para turis, utamanya asal Belanda, dan saya rela menjadi korban untuk mengetahui kejahatan itu,” ujar Kees, seperti dikutip dari Merdeka.com, Kamis (4/4/2013).

Menurut pengakuan Kees, rekaman suap tilang tersebut diambil pada tahun 2012 lalu. Dia sengaja menjadi korban agar bisa merekam kelakuan polisi “nakal” itu. Selain Kees, ada satu kamera lagi yang memantau situasi di sekitar pos polisi dari seberang jalan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bali Kombes Hariadi mengaku akan segera melakukan pelacakan terhadap oknum yang terekam dalam video tersebut. Ia juga telah memerintahkan semua jajarannya untuk melapor. “Masih kami cek,” ujarnya.

(YG)


comments powered by Disqus