CiriCara: 6 Ciri Anda Memiliki Masalah Keuangan

by
April 5th, 2013 at 10:17 am

masalah keuanganCiriCara.com – Siapapun dia dan apapun pekerjaannya biasanya memiliki masalah keuangan. Masalah keuangan bisa dialami oleh siapa saja, termasuk Anda yang cermat saat mengelola keuangan.

Akan tetapi, masih banyak orang yang tak menyadari bahwa dirinya memiliki masalah dengan uang. Sekalipun mereka menyadarinya pada saat pendapatan yang diterima lebih kecil daripada pengeluaran. Jika sudah begitu, maka bisa membuatnya stres dan akan terus-menerus mencari uang.

Lalu, apakah Anda termasuk oraang yang memiliki masalah keuangan? Dilansir dari Kompas.com, berikut 6 ciri Anda memiliki masalah keuangan:

1. Mendahulukan uang

Anda mendahulukan uang daripada kesehatan, cinta, keluarga, dan persahabatan. Hanya demi mengejar uang, Anda jadi membatalkan rencana liburan bersama teman-teman. Selain itu, waktu yang Anda miliki hanya untuk mengejar uang dan tidak memikirkan yang lain.

2. Membeli barang mewah agar dikagumi orang lain

Uang yang kamu miliki untuk dibelikan barang-barang mewah, seperti gadget. Namun, barang mewah yang dibeli itu hanya agar dikagumi oleh orang lain. Jika sudah begitu, maka Anda benar-benar memiliki masalah keuangan.

menghamburkan uang

3. Merasa bersalah membelanjakan uang

Anda merasa bersalah ketika membelanjakan uang jika ada keperluan mendesak. Misalnya menghabiskan banyak uang untuk biaya masuk sekolah anak. Rasa bersalah tersebut dikarenakan uang yang dimiliki tak dipergunakan untuk kebutuhan diri sendiri. Apakah Anda pernah merasa seperti itu?

4. Uang bisa memecahkan masalah

Anda beranggapan bahwa uang bisa menyelesaikan segala masalah. Namun, ketahuilah bahwa tak semua permasalahan yang dihadapi itu bisa diselesaikan dengan uang. Banyak orang kaya yang mampu berobat ke luar negeri, tapi uang tak bisa memberikannya kesehatan.

5. Menawarkan untuk mentraktir teman

Pada saat berkumpul di sebuah kafe bersama teman-teman, kamu selalu menawarkan untuk membayar tagihan. Bukan karena Anda sedang berulang tahun dan ingin mentraktir mereka, tapi agar mereka beranggapan kalau kamu memiliki banyak uang. Padahal, setiap akhir bulan Anda sering merasa kekurangan uang.

6. Tidak tahan menyimpan uang

Anda tidak tahan menyimpan uang sehingga akan menghabiskan gaji pada akhir bulan. Padahal, gaji yang dimiliki itu belum disisakan untuk ditabung. Kebiasaan menghabiskan gaji itu akan terbawa terus walaupun gaji nantinya telah naik beberapa kali lipat. Ketika gaji seseorang semakin naik, biasanya kebutuhan akan naik juga. Apakah Anda mengalami hal tersebut?

Itulah ciri Anda memiliki masalah keuangan. Jika menemukan dua dari ciri-ciri tersebut, maka bisa diartikan bahwa Anda memang memiliki masalah dengan uang. Alangkah baiknya, ubah sikap tersebut agar bisa membuat hidup jadi lebih hemat. Ingat kata peribahasa “Hemat pangkal kaya”. (NR)

Comment di sini