CiriCara: Cara Efektif Mengatasi Intimidasi di Kantor

by
April 5th, 2013 at 3:09 pm

mendapat perilaku intimidasi di kantorCiriCara.com – Pernahkah Anda mendapat perilaku tidak menyenangkan saat di kantor? Misalnya, Anda dituduh telah melakukan kesalahan, mendapat tekanan berupa kata-kata kasar, tatapan mata yang sinis dari rekan kerja atau tasan, dan lain sebagainya.

Anda merasa dibuli atau mendapat perlakuan intimidasi saat berada di kantor? Jangan bersikap diam dan segera atasi permasalahan itu. Dicuplik dari Savvysugar.com, berikut cara efektif mengatasi intimidasi di kantor:

1. Mendokumentasikan kejadian tersebut

Pada saat Anda mengalami buli atau dianiaya di kantor, alangkah baiknya untuk mendokumentasikan kejadan tersebut. Catatlah tanggal, waktu, dan kejadian yang Anda alami. Setelah itu, ketahuilah apakah ada saksi yang melihatnya atau tidak. Jika ada, maka Anda juga perlu mencatat nama si saksi.

2. Jangan terlihat lemah di hadapannya

Saat Anda merasa dibuli oleh bos atau rekan kerja senior di kantor, sebaiknya jangan menunjukkan kalau Anda lemah. Hal tersebut akan membuat si dia akan terus mengintimidasi Anda tanpa henti. Anda harus menunjukkan ketegasan di hadapannya.

diejek di kantor

3. Bercerita pada orang yang dipercaya

Ketika merasa terintimidasi tentunya Anda akan merasa kesal dan rasanya ingin membalas hal tersebut. Namun, alangkah baiknya untuk besabar saja dan ceritakanlah pada seseorang untuk melampiaskan perasaan itu. Ceritalah kepadanya mengenai masalah yang Anda hadapi. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih kuat karena mendapatkan solusi darinya.

4. Berbicara langsung dengan si tukang buli

Jika si tukang buli itu terus saja menjatuhkan Anda, maka alangkah baiknya untuk berbicara baik-baik dengannya. Tanyakanlah pada si tukang buli maksud dan tujuannya melakukan perbuatan tersebut. Dengan berbicara langsung secara baik-baik kepadanya, mereka jadi mengetahui kalau Anda bukanlah orang yang pengecut yang bisa diperlakukan semena-mena.

5. Mengatakan pada HRD

Jika permasalahan tersebut tak bisa Anda pecahkan secara personal, maka bicaralah pada HRD. Bawalah semua bukti yang Anda miliki itu kepadanya. Beritahu pihak HRD tentang perlakuan yang Anda dapat dari kantor tersebut.

Itulah cara efektif mengatasi intimidasi di kantor. Jika semua usaha yang sudah Anda jalani tidak berhasil, maka alangkah baiknya untuk segera keluar dari kantor tersebut. Buat apa dipertahankan jika Anda terus mendapatkan perlakuan seperti itu? Bagaimanapun juga, lingkungan kantor harus menciptakan kenyamanan dan hubungan yang baik agar lebih semangat lagi bekerja.

Comment di sini