CiriCara: Cara Menjaga Kesehatan Organ Dalam Tubuh

by

batang tubuh manusiaCiriCara.comAgar tubuh tetap sehat dan bugar sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga. Namun, kedua hal tersebut tidak cukup untuk menjaga kesehatan organ tubuh bagian dalam manusia, seperti paru-paru, jantung, liver, pankreas, otak, dan ginjal.

Ada banyak cara yang perlu Anda lakukan untuk membuat organ bagian dalam itu tetap sehat. Misalnya, meminum cukup air putih per harinya untuk menjaga kesehatan ginjal. Ketahuilah bahwa organ bagian dalam tubuh tak terlihat dari luar sehingga sangat sulit untuk dipantau. Untuk itu, usahakan agar Anda rutin menjalankan hidup sehat.

Berikut cara menjaga kesehatan organ tubuh bagian dalam pada manusia:

1. Otak

Pada saat usia 40 tahun, biasanya kemampuan otak seseorang akan mulai menurun. Untuk menjaga otak tetap sehat Anda disarankan untuk melakukan kegiatan baru, seperti belajar bahasa asing atau rajin membaca. Selain itu, untuk meningkatkan fungsinya Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, atau suplemen minyak ikan.

2. Jantung

organ dalam tubuh

Mengalami penyakit jantung merupakan hal yang paling ditakuti oleh sebagian besar manusia. Kolesterol, diabetes, dan gaya hidup yang tak sehat juga bisa merusak kesehatan jantung. Untuk mempertahankan fungsi jantung, Anda juga bisa menjalani latihan kardiovaskular secara rutin.

3. Paru-paru

Agar paru-paru tetap sehat hingga tua, hindari asap tembakau, asap mobil, dan polusi udara. Bahkan, memakai pakaian ketat juga bisa melemahkan fungsi paru-paru karena mengganggu pergerakannya untuk bisa bergerak dengan bebas. Untuk menjaga kesehatannya, Anda disarankan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran, terutama buah apel yang penuh dengan vitamin E. Selain itu, minyak ikan atau suplemen vitamin D juga baik untuk dikonsumsi agar paru-paru tetap sehat.

4. Ginjal

Beberapa hal yang menyebabkan ginjal, seperti meminum aspirin, obat penurun kolesterol, dan beberapa jenis jamu ramuan. Untuk itu, pastikan mengonsumsi obat sesuai dengan dosisnya atau meminum jamu yang sudah mendapatkan izin edar. Meminum banyak air putih, kurang lebih 2 liter per hari juga bisa membantu ginjal membilas racun.

5. Pankreas

Pankreas memiliki fungsi melepaskan enzim untuk memecah makanan. Akan tetapi, jika terus-menerus mengonsumsi makananan yang tinggi kadar gulanya bisa memperbesar risiko diabetes dan membuat pankreas kewalahan karena bekerja terlalu keras. Untuk menjaga kesehatan pankreas, jagalah pola makan secara teratur sehingga organ tak bekerja terlalu keras.

6. Hati

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran sangat penting untuk kesehatan seseorang. Tanpa adanya hati yang berfungsi secara sempurna maka racun di dalam tidak akan bisa disaring dan dibersihkan. Agar hati bisa bekerja secara normal, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, biasakan hidup bersih, batasi paparan bahan kimia beracun, dan berhati-hati saat mengonsumsi obat-obatan.

Itulah cara menjaga kesehatan organ dalam tubuh. Dengan memperhatikan kesehatan organ tubuh bagian dalam, Anda tentunya akan selalu sehat dan bugar untuk menjalani berbagai aktivitas. Selain itu, Anda juga akan dijauhkan dari berbagai penyakit. (NR)


comments powered by Disqus