5 Keuntungan Bangun Pagi Bagi Kesehatan

by
April 8th, 2013 at 10:41 am

bangun pagi hariCiriCara.com – Seseorang yang hari-harinya menghabiskan waktu untuk bekerja hingga malam hari, terkadang sangat sulit untuk bangun pagi. Apalagi, jika pada hari itu merupakan hari libur. Sebagian besar orang akan menghabiskan waktunya untuk tidur hingga siang hari.

Ketahuilah bahwa ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat jika mmebiasakan diri untuk selalu bangun pagi hari. Dengan selalu bangun pagi, tubuh bisa menjadi lebih segar dan bersemangat untuk melakukan aktivitas. Bukan hanya itu saja, ada manfaat lain yang bisa Anda dapat. Apa saja?

Inilah 5 keuntungan bangun pagi bagi kesehatan:

1. Mental menjadi lebih sehat dan positif

Ketahuilah bahwa orang-orang yang bangun pagi akan memiliki mood yang lebih baik dan mental lebih optimis. Selain itu, mereka juga akan lebih mudah merasa puas. Sementara orang-orang yang terbiasa bangun pada malam hari dan tidur pada pagi hari, cenderung memiliki mood yang negatif, seperti perasaan depresi dan pesimis.

2. Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar

semangat di pagi hari

Membiasakan diri untuk bangun tidur pada pagi hari bisa membuat Anda lebih bersemangat. Pada pagi hari Anda bisa menyempatkan diri untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Berolahraga dan menghirup udara pada pagi hari bisa meningkatkan mood dan memberikan energi untuk beraktivitas. Ketahuilah bahwa sebagian besar orang yang sukses memiliki kebiasaan bangun tidur pada pagi hari.

3. Membuat orang lebih sukses

Penelitian yang dilakukan di University of Texas pada tahun 2008 menunjukkan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai GPA lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang suka begadang dan bangun siang. Bagi Anda yang masih menuntut ilmu, taka da salahnya untuk bangun tidur lebih pagi agar mendapatkan nilai yang memuaskan dan menjadi orang yang lebih sukses.

4. Membuat orang lebih bahagia

Selain meminum kopi, ada hal lain yang bisa membuat orang lebih merasa bahagia yaitu bangun pada pagi hari. Bangun pagi bisa membuat mood seseorang lebih bahagia setiap harinya. Penelitian menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka lebih sering bangun pagi.

5. Menjadi lebih produktif

Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif karena bisa menyiapkan segala sesuatu sebelum beraktivitas. Orang yang biasa bangun pagi memiliki waktu yang hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi lebih banyak sehingga membuatnya selalu bersemangat.

Itulah keuntungan yang bisa Anda dapat jika membiasakan diri untuk bangun lebih pagi. Bagaimana, Anda mau bangun pagi setiap harinya mulai saat ini?

(NR)

Comment di sini