Aplikasi Facebook Home Tiru Konsep Windows Phone

by
April 8th, 2013 at 4:51 pm

161CiriCara.com – Belakangan ini gencar dikabarkan bahwa Facebook dan HTC akan meluncurkan sebuah smartphone produksi HTC bernafaskan Facebook dan sebuah aplikasi Facebook yang dapat mengubah semua smartphone Android menjadi smartphone Facebook.

Gosip ini terjawab beberapa hari yang lalu saat CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengumumkan aplikasi “Facebook Home” dan smartphone HTC First bukan yang selama ini kita duga sebagai HTC Myst minggu kemarin.

Sayangnya nada sinis datang dari kubu Microsoft mengenai peluncuruan ini. Dilansir Cnet, Frank X. Shaw selaku kepala PR Microsoft mengungkapkan bahwa tidak ada hal yang baru dari peluncuran aplikasi ini. Dalam blog resmi Microsoft, ia menuliskan “Saya selalu mengikuti perkembangan aplikasi Facebook Home setaip hari dan Saya terus-menerus melihat pada kalender apakah kita masih di tahun 2011”

Jika melihat konsep Zuckerberg “putting people first” yang ia sampaikan dengan bangga saat acara peluncuran aplikasi ini, kedengarangannya mirip sekali dengan strategy Windows Phone dulu tahun 2011. Tentunya Microsoft sudah memikirkan tentang meletakkan foto orang-orang di layar home daripada ikon-ikon yang lucu.

Lanjutnya “saat kita memberi selamat ke pada Facebook yang telah memampukan pengguna Android mencicipi smartphone dengan konsep “people centric”, kita [Microsoft] menyarankan untuk memilih ponsel yang benar benar ahlinya dalam hal ini dan beralih ke Windows Phone”.

Tapi memang masing-masing sistem operasi memiliki kekurangannya. Bila Anda terlanjur memilih Nokia Lumia 920, Anda mungkin sedikit menyesal karena banyak aplikasi yang tidak tersedia untuk platform Windows Phone, bahkan aplikasi-aplikasi populer seperti Instagram.

Hanya saja memang ada benarnya Microsoft bahwa “Android saja sudah cukup rumit tanpa tambahan skin atau aplikasi Facebook yang membungkusnya, apalagi bila sistem operasinya sendiri sudah custom”

Aplikasi Facebook Home ini sejatinya akan meluncur pada 12 April 2013 di Amerika dan untuk sementara tersedia hanya untuk pengguna Android Jelly Bean dan Ice Cream Sandwich. Peluncuran secara global akan diadakan pada waktu mendatang dan juga sementara aplikasi ini hanya mendukung model smartphone, karena untuk versi tablet masih dalam pengerjaan. (LH)

Cnet

Comment di sini