CiriCara: 5 Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

by
April 8th, 2013 at 3:46 pm

yoga untuk ibu hamilCiriCara.com – Stretch mark atau guratan-guratan berwarna merah dan lama-kelamaan menjadi putih kerap dialami sebagian besar wanita yang sedang hamil. Adanya hal tersebut cukup mengganggu penampilan si wanita hamil. Apakah Anda mengalami hal tersebut?

Adanya stretch mark pada saat hamil akan sulit dihilangkan jika sudah melahirkan. Untuk itu, Anda harus mencegahnya agar tidak timbul guratan-guratan yang biasanya ada di perut atau paha. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Dilansir dari Becomegorgeous.com, berikut 5 cara mencegah stretch mark saat hamil:

1. Mengosumsi air putih lebih banyak

Pada saat hamil Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih, 8 gelas per hari. Tujuannya adalah agar mencegah munculnya stretch mark dan tetap menjaga keelastisan kulit.

2. Menjaga berat badan

sehat saat hamil

Ketahuilah bahwa berat badan yang naik secara drastis bisa menimbulkan stretch mark. Untuk itu, Anda sangat disarankan menjaga berat badan selama hamil. Selain untuk mencegah strech mark, menjaga berat badan pada saat hamil juga baik untuk kesehatan. Pada saat hamil, dokter menyarankan agar berat badan tidak naik lebih dari 10 hingga 15 Kilogram.

3. Mengurangi stres

Stres saat hamil bisa meningkatkan timbulnya stretch mark. Untuk itu, cegahlah stres itu dengan cara melakukan yoga. Bergabunglah dalam kelas yoga untuk membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Ketahuilah bahwa stres pada saat hamil juga akan mempengaruhi kondisi bayi yang berada di dalam kandungan.

4. Memakai lotion

Membiasakan diri untuk memakai pelembap atau lotion pada saat hamil juga bisa mencegah timbulnya stretch mark. Pakailah pelembap lebih banyak di daerah stretch mark. Selain itu, lotion juga bisa menyerap ke dalam kulit sehingga bagus untuk menghilangkan stretch mark. Anda bisa memakainya pada pagi, siang, dan malam hari.

5. Memakai minyak zaitun

Minyak zaitun dan minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya stretch mark. Anda bisa membalurkan minyak sambil diberi pijatan lembut di perut dan paha sebelum tidur. Jika sudah membalurkan minyak, maka jangan membilasnya dengan air. Biarkanlah semalaman agar kandungan minyaknya meresap ke ddalam kulit.

Itulah cara mudah mencegah stretch mark saat hamil. Adanya stretch mark pada saat hamil tentunya bisa membuat tubuh jadi kurang menarik. Selain itu, Anda akan semakin sulit untuk menghilangkannya jika sudah terlalu lama dibiarkan. Untuk itu, cegahlah stretch mark saat hamil dengan cara di atas. (NR)

Comment di sini