CiriCara: Cara Agar Anak Berhenti Menggigit Kuku

by
April 8th, 2013 at 4:25 pm

CiriCara.com – Sebagian besar anak memiliki kebiasaan mengigit kuku jarinya. Apakah anak Anda juga seperti itu? Menggigit kuku merupakan cara balita untuk mengurangi ketegangan yang hebat tapi bersifat sementara pada masa anak-anak. Selain menggigit kuku, kebiasaan serupa yang akan dilakukan si anak untuk mengatasi ketegangan itu, seperti melintir atau menarik rambutnya, mengorek hidung, atau menggelutukkan gigi.

menggigit kuku

Gettyimages.com

Namun, hal yang paling dikhawatirkan beberapa orangtua adalah si anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku bisa membuat kulit jarinya terkelupas dan berdarah. Untuk itu, sebagai orangtua Anda perlu mengatasi kebiasaan buruk si anak tersebut.

Bagaimana caranya? Dilansir Vemale.com, berikut cara menghentikan kebiasaan anak menggigit kuku:

1. Mencari tahu penyebabnya

Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan anak menggigit jari adalah mengetahui penyebabnya. Misalnya, si anak menggigit jarinya ketika sedang stres. Untuk itu, Anda sebagai orangtua harus bisa mencegah si anak agar tidak stres. Selain itu, jika menggigit sari menjadi kebiasaan si anak sebelum tidur, maka lebih baik Anda memberikannya dot susu saja.

2. Mengajak si anak bekerja sama

menggigit jari

Anda harus mengatakan pada anak kalau kebiasaan yang dilakukan itu tidak boleh diteruskan karena bisa mengganggu kesehatan. Katakan juga kepadanya kalau Anda sebagai orangtua sangat prihatin dan ingin si anak berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Dengan memberikan perhatian dan mengajaknya bekerja sama, biasanya anak akan lebih tertarik untuk mengubah kebiasaannya itu.

3. Membujuk si anak dengan hadiah

Anda bisa membujuknya si anak untuk menghentikan kebiasaannya itu dengan mengiming-imingi hadiah. Namun, hadiah yang diberikan harus berhubungan dengan tangan mereka. Misalnya, memberikan perawatan kuku untuk anak perempuan atau sarung tangan olahraga untuk anak laki-laki. Dengan begitu, mungkin si anak akan bisa menghentikan kebiasaan buruknya itu.

4. Jangan memarahinya

Walaupun si anak sudah bisa menghentikan kebiasaan buruknya itu, namun lain hari bisa saja mengulanginya kembali. Menanggapi hal tersebut, sebaiknya Anda jangan memarahi si anak. Anda harus terus memberikan dukungan pada anak dengan memotivasi untuk tidak menngulanbginyua karena berdampak pada kesehatannya.

Itulah cara menghentikan kebiasaan anak menggigit kuku. Yang terpenting, Anda sebagai orangtua harus sabar menghadapinya. Tetaplah mengajak si anak untuk berkomunikasi dengan baik agar kebiasaan menggigit jarinya itu segera dihentikan.

Untuk mengetahui informasi kesehatan anak, Anda bisa membacanya di sini. (NR)

Comment di sini