CiriCara: Cara Cerdas Menghadapi Ujian Nasional

by
April 8th, 2013 at 2:03 pm

lulus UNCiriCara.com – Ujian Nasional (UN) terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi siswa-siswi, beberapa orangtua, guru, dan pihak lainnya. Tujuan dari Ujian Nasional itu sendiri sebenarnya untuk mengukur tingkat kemampuan siswa di bidang kognitif selama belajar dengan standar nasional.

Adanya Ujian Nasional itu juga menimbulkan pro dan kontra dari beberapa pihak. Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hingga saat ini tetap tetap akan menyelenggarakan Ujian Nasional dengan alasan menjadi bahan untuk pemetaan kualitas sekolah.

Bagi kamu siswa-siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan mengikuti Ujian Nasional pada tahun ini, sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. Jika segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan baik, maka kamu akan bisa lulus Ujian Nasional Nanti.

Berikut cara cerdas menghadapi Ujian Nasional:

1. Persiapan yang matang

Untuk menghadapi Ujian Nasional esok, kamu disarankan untuk memiliki persiapan yang matang. Persiapkan peralatan tulis yang dibutuhkan, seperti pensil, pulpen, penghapus, penggaris, papan khusus ujian, dan peralatan tulis lainnya. Selain itu, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan baik. Dengan begitu, kedua hal tersebut akan membantu kamu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan soal ujian.

2. Bersikap tenang dan percaya diri

Kamu harus yakin pada diri sendiri untuk bisa mengerjakan soal ujian tersebut dengan baik. Percaya diri merupakan poin penting dari salah satu persiapan yang perlu dimiliki untuk menghadapi Ujian Nasional. Tanpa adanya rasa percaya diri, terkadang seseorang bisa kehilangan konsentrasinya. Selain itu, pastikan juga pada saat mengerjakan soal ujian nanti, kamu tetap tenang, santai, dan rileks.

mengerjakan ujian

3. Memahami soal ujian dengan baik

Luangkan waktu 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam. Tandai kata-kata kunci yang ada pada soal dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Kamu juga disarankan untuk mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

4. Berhati-hati saat mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Untuk menjawab soal-soal Ujian Nasional, biasanya para murid akan diberi Lembar Jawaban Komputer (LJK). Untuk mengisinya, kamu disarankan untuk berhati-hati. Jangan sampai lembar jawaban itu basah, terlipat, dan sangat kotor. Jika terjadi hal seperti itu, maka yang ditakutkan adalah mesin scanner tidak bisa mendeteksi jawaban kamu. Hal tersebut jika terjadi akan sangat fatal dan bisa-bisa kamu tidak lulus.

5. Memeriksa ulang jawaban

Ketika kamu merasa sudah mengerjakan semua soal ujian itu, tak ada salahnya untuk memeriksa ulang jika masih ada waktu. Jangan langsung meninggalkan kelas ketika sudah selesai menjawab soal. Periksa jawaban kamu kembali dengan cermat untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang dilakukan.

Itulah cara cerdas menghadapi Ujian Nasional. Selain melakukan hal tersebut, pastikan juga kondisi badan kamu sehat. Sebelum menghadapi Ujian Nasional nanti, alangkah baiknya untuk belajar pada pagi harinya dan jangan lupa juga sarapan serta berdoa agar dimudahkan saat mengerjakannya. (NR)

Comment di sini