CiriCara: 5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe

by
April 9th, 2013 at 11:12 am

rambut berketombeCiriCara.com - Rambut berketombe nampaknya menjadi suatu permasalahan rambut sejumlah orang. Apakah Anda mengalaminya? Rambut yang berketombe biasanya akan terasa gatal di kulit kepala yang tentunya sangat menggangu aktivitas. Selain itu, adanya ketombe juga bisa membuat penampilan seseorang jadi kurang percaya diri.

Lalu, apa sebenarnya penyebab ketombe itu? Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut berketombe, antara lain rambut terlalu berminyak, kulit kepala sering berkeringat, adanya jamur, atau karena tidak cocok memakai sampo.

Untuk mengatasi ketombe itu, Anda sudah menggunakan sampo pemnghilang ketombe. Akan tetapi, memakai sampo tersebut ketombe tetap saja timbul. Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, jangan khawatir karena masih ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan ketombe.

Cara alami apa? Berikut cara alami menghilangkan ketombe:

1. Campuran santan kelapa, nanas, dan jeruk nipis

Anda bisa menggunakan santan dari setengah butir kelapa, satu gelas buah nanas yang sudah diblender, dan satu gelas air jeruk nipis dan kelapa. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Jika sudah tercampur, maka Anda bisa memakaikannya pada kulit kepala. Anda bisa menggunakan campuran bahan tersebut 5 hari sekali saja.

2. Campuran jeruk nipis dan lemon

menghilangkan ketombe

Selain bermanfaat untuk rambut, jeruk nipis juga bisa menghilangkan ketombe. Caranya, Anda bisa mengambil 2 sendok makan jeruk nipis lalu diusapkan ke kulit kepala. Kemudian, siapkan segelas air dan tambahkan 1 sendok makan perasan lemon dan siramkan ke rambut Anda. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini hingga ketombe benar-benar hilang dari rambut Anda.

3. Cuka putih

Anda bisa mencampurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air. Lalu, pakaikan campurkan tersebut ke kulit kepala dan pijatlah. Setelah itu, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Anda bisa menggunakan cara ini setelah mengeramasi rambut dengan sampo.

4. Garam

Garam bisa bermanfaat untuk mengobati luka pada kulit kepala. Jika luka tak segera dihilangkan, maka akan timbul ketombe. Anda bisa menggunakan garam untuk mencuci rambut. Setelah itu, diamkan beberapa saat sebelum Anda membilasnya dengan sampo hingga bersih.

5. Minyak kelapa

Cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan sarat dengan vitamin E dan asam lemak yang bisa memberantas ketombe. Caranya, gunakan minyak kelapa untuk memijat kepala sebelum tidur. Kemudian, balut kepala menggunakan handuk panas dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilaslah dengan menggunakan air bersih.

Itulah cara alami menghilangkan ketombe. Bagaimana, Anda mau mencobanya di rumah? Bagaimanapun juga adanya ketombe di rambut bisa membuat Anda jadi kurang percaya diri dan mengganggu aktivitas yang dikerjakan. (NR)

Comment di sini