CiriCara: 6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

by
April 9th, 2013 at 2:58 pm

konsentrasi saat bekerjaCiriCara.com – Saat bekerja, biasanya seseorang akan merasa jenuh sehingga membuat konsentrasinya hilang. Jika konsentrasi sudah hilang, maka mereka tidak akan fokus lagi dengan apa yang dikerjakan. Apakah Anda pernah mengalami hal seperti itu?

Jika pernah, maka alangkah baiknya untuk mengatasi hal tersebut. Ketahuilah bahwa berlama-lama merasakan kejenuhan hanya akan membuat pekerjaan Anda semakin menumpuk saja.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut? Dicuplik dari Metrotvnews.com, berikut 6 cara meningkatkan konsentrasi saat bekerja:

1. Biasakan diri untuk sarapan

Bagaimanapun juga sarapan itu sangat penting untuk dilakukan. Menurut seorang ahli diet, Elizabeth Somer mengatakan bahwa sembilan dari sepuluh orang yang tak sarapan akan merasa sangat sulit berkonsentrasi dan cepat lelah. Jika ingin tetap fokus dan berkonsentrasi saat bekerja, maka jangan pernah melupakan sarapan.

2. Mendengarkan musik

Mungkin salah satu cara ini sering dilakukan beberapa orang untuk mengusir kejenuhannya saat bekerja. Dengan mendengarkan musik, semangat dan konsentrasi seseorang akan bisa bangkit lagi. Tjipto Susana, seorang psikolog mengatakan bahwa musik bisa merangsang koneksi antar neuron. Ketika seseorang mendengarkan musik, ada bagian saraf yang dirangsang untuk selalu berkoneksi.

3. Mengunyah permen karet

meningkatkan konsentrasi

Permen karen bukan hanya membuat mulut terasa segar atau menghilangkan konsentrasi, tapi juga bisa meningkatkan konsentrasi Anda  saat bekerja. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Clarkson dari Universitas St Lawrence di Amerika Serikat mengatakan bahwa seseorang yang mengunyah permen karet, baik yang mengandung gula atau bebas gula cenderung memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi.

Selain itu, sebuah penelitian lain juga menyebutkan bahwa mengunyah permen karet bisa berdampak positif bagi daya pikir dan ingatan seseorang. Mengunyah akan meningkatkan produksi insulin, merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat.

4. Tertawa

Jika merasa sudah tak konsentrasi bekerja, maka tertawalah dengan rekan kerja Anda. Saat seseorang sulit berkonsentrasi disarankan untuk tertawa sekitar 10 menit. Ketahuilah bahwa tertawa lepas bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang ampuh memicu rasa senang dan bahagia. Dengan begitu, pikiran Anda menjadi lebih tenang dan bisa kembali berkonsentrasi dengan baik lagi.

5. Meminum teh

Sebuah Penelitian dari Unilever Research and Development Vlaardingen di Belanda menunjukkan bahwa teh mengandung zat alami berupa kafein dan L-theanine yaitu zat psikoaktif yang mempengaruhi aktivitas otak.

6. Beristirahat sejenak

Jika sudah sangat lelah, maka jangan memaksakan tubuh dan otak untuk terus bekerja. Memaksakan kondisi diri sendiri hanya akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti pusing, demam, atau badan terasa lemas. Untuk itu, alangkah baiknya agar bersitirahat sejenak jika sudah mulai merasa hilang konsentrasi.

Itulah cara mudah meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Jika saat di kantor Anda mulai merasa sulit berkonsentrasi, maka tak ada salahnya untuk melakukan salah satu cara di atas. Dengan begitu, semangat dan konsentrasi untuk bekerja bisa bangkit lagi. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini