CiriCara: Cara Membuat Nasi Tim untuk Bayi

by
April 9th, 2013 at 5:00 pm

Nasi Tim Untuk BayiCiriCara.com – Bayi yang baru lahir sampai usia 6 bulan disarankan hanya boleh mengkonsumsi air susu ibu (ASI). Hal ini dikarenakan alat pencernaan bayi masih belum kuat untuk mencerna makanan. Setelah usianya mencapai 7-9 bulan, barulah bayi boleh mengkonsumsi makanan pendamping ASI.

Salah satu makanan pendamping ASI yang cocok untuk bayi berusia 7-9 bulan adalah nasi tim. Tekstur nasi tim yang lembut sangat cocok untuk bayi yang baru belajar mencerna makanan. Nasi tim juga akan merangsang pertumbuhan gigi pada bayi agar lebih cepat tumbuh.

Resep Nasi Tim Ayam Sayuran

Bahan:
- 650 mililiter air
- 20 gram beras
- 25 gram daging ayam giling, pastikan daging benar-benar sudah halus
- 30 gram tahu, potong kecil-kecil
- 25 gram wortel, serut hingga halus
- 30 gram tomat, cincang hingga halus
- 1 sendok teh minyak zaitun

Bayi makan nasi tim

Bayi makan nasi tim

Cara membuat:
- Masukkan daging ayam ke dalam air yang sudah mendidih. Tambahkan beras dan tahu, aduk sampai tercampur rata.
- Jika sudah menjadi seperti bubur, tambahkan wortel dan tomat. Aduk sampai matang dan mengental. Masukkan minyak zaitun, aduk lagi sampai rata.
- Jika sudah matang, angkat dan diamkan agar cepat dingin.
- Jika masih kurang yakin dengan kelembutan nasi tim yang Anda buat, Anda bisa kembali menghaluskannya dengan cara diblender.
- Pastikan semua alat yang Anda gunakan dalam keadaan bersih.

Karena nasi tim ini sifatnya hanya pendamping ASI, maka para ibu tetap disarankan untuk memberikan ASI walaupun sudah bukan lagi menjadi asupan makanan utama bagi si bayi. Semoga bermanfaat!

(YG)