CiriCara: Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda

by

ibu hamil mudaCiriCara.com – Pada saat wanita tengah hamil muda, alangkah baiknya untuk selalu menjaga kesehatan dirinya sebaik mungkin. Selain itu, mereka juga disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang membuatnya menjadi sangat lelah dan stres.

Kenapa? Ketahuilah bahwa keguguran rawan terjadi saat wanita tengah hamil muda. Apapun yang Anda lakukan atau rasakan bisa mempengaruhi kondisi janin dalam perut. Untuk mencegah keguguran, jagalah selalu kesehatan diri Anda dan si janin.

Dilansir Vemale.com, berikut cara mencegah keguguran saat hamil muda:

1. Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung keju

Keju merupakan makanan yang berbahaya dikonsumsi bagi wanita yang tengah hamil muda. Ketahuilah bahwa keju bisa menyebabkan keracunan serta keguguran mendadak. Untuk itu, perlu Anda ingat bahwa agar tidak mengonsumsi keju saat hamil pada trisemester pertama.

2. Jangan mengonsumsi makanan yang diawetkan

Selain tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan yang mengandung keju, wanita yang tengah hamil muda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet. Zat pengawet jika dimakan oleh wanita hamil maka akan memperngaruhi perkembangan si janin. Alangkah baiknya, untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang masih segar saja.

ibu hamil sehat

3. Mengurangi mengonsumsi kafein

Jika sedang hamil muda, maka Anda disarankan untuk mengurangi mengonsumsi kafein. Bagi Anda pecandu kopi, alangkah baiknya untuk mengganti minuman tersebut dengan jus buah segar saja. Ketahuilah bahwa kopi dengan dosis kafein tinggi bisa menyebabkan keguguran.

4. Jangan melakukan perjalanan jauh

Wanita yang sedang hamil muda juga disarankan agar tidak melakukan perjalanan jauh hingga membuat dirinya merasa lelah. Pada awal kehamilan, janin masih dalam kondisi yang lemah dan tidak terlalu kuat. Selain itu, saat melewati guncangan yang terlalu keras juga bisa mempengaruhi kondisi si janin.

5. Melakukan relaksasi

Pada saat hamil, Anda disarankan untuk tidak stres. Untuk itu, lakukanlah relaksasi dengan yoga, senam kehamilan, atau olahraga ringan seperti jalan pada pagi hari. Cara tersebut bisa membuat tubuh Anda menjadi rileks. Dengan begitu, kondisi janin bisa lebih sehat dan kuat.

Itulah cara mencegah keguguran saat hamil muda. Bagaimanapun juga, pada saat hamil Anda disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat agar Anda dan si janin selalu sehat. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi pada dokter kandungan agar mengetahui perkembangan si janin. (NR)


comments powered by Disqus