CiriCara: Cara Cepat Melatih Anak Berjalan

by
April 10th, 2013 at 4:54 pm

melatih anak berjalanCiriCara.com – Ketika anak dilahirkan tentunya membuat orangtuanya merasa bahagia. Namun, kebahagian yang dirasakan orangtua tak berhenti sampai di situ saja. Akan ada banyak fase yang dialami si anak dan itu cukup membuat para orangtua ingin selalu mengawasi dan memperhatikan si buah hati.

Fase yang paling dinantikan para orangtua bisanya adalah berjalan. Berjalan merupakan salah satu tahap perkembangan motorik kasar pada anak yang sangat penting. Dengan berjalan, si buah hati tentunya bisa meraih sesuatu dengan mudah dan cepat.

Namun sebelum melatih si kecil berjalann, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan tanda-tanda bahwa si anak telah siap. Ketahuilah bahwa si anak harus melewati fase perkembangan, seperti berguling, duduk dengan tegak, serta merangkak. Akan tetapi, ada sebagian kecil anak yang tidak melalui fase merangkak dan bisa langsung berjalan dengan berpegangan.

Lalu, bagaimana cara melatih anak agar bisa cepat berjalan? Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

1. Meletakkan benda besar di dekatnya

mengajari anak berjalan

Salah satu tanda bahwa si anak sudah siap berjalan adalah bisa mengangkat dirinya dari posisi duduk ke posisi berdiri dengan berpegangan kepada sesuatu benda, seperti meja atau kursi. Jika Anda melihat si anak sedang melakukan itu, maka alangkah baiknya untuk segera melatihnya. Namun, pastikan tak ada benda-benda yang bisa membahayakan si kecil, seperti paku, kunci lemari, dan lain sebagainya.

2. Memegang tangan si anak

Anda bisa memegang kedua tangan si anak dan mengajaknya berjalan. Peganglah kedua tangan anak dari punggungnya. Namun, jangan menariknya ke atas atau memegangnya terlalu kencang. Lalu, arahkan salah satu tangannya ke depan secara bergantian secara perlahan hingga si kecil menggeser kakinya sendiri.

3. Menggunakan mainan kesukaan si anak

Cara lain untuk membuatnya agar cepat berjalan adalah dengan menggunakan mainan kesukaannya. Letakkan mainan tersebut di sekitarnya dan biarkan si anak meraihnya sendiri dengan cara berjalan. Mainan bisa menarik perhatiannya untuk berjalan.

Itulah 3 cara cepat melatih anak berjalan. Perlu Anda ingat bahwa untuk tidak memaksa si anak berjalan jika belum waktunya. Memaksakan anak berjalan belum pada waktunya hanya akan membahayakan tubuhnya. (NR)