CiriCara: Cara Cerdas Memilih Tas Sekolah Anak

by
April 10th, 2013 at 11:23 am

tas anakCiriCara.com – Apakah anak Anda masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD)? Saat ini, kebutuhan anak Sekolah Dasar (SD) sangat banyak. Salah satunya adalah tas sekolah. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda harus memilihnya dengan cara yang cerdas mengingat buku-buku anak Sekolah Dasar (SD) yang dibawa saat ini cukup banyak.

Untuk satu pelajaran saja setidaknya si anak harus membawa empat buku, antara lain buku paket, LKS, buku catatan, dan buku tugas. Jika dalam satu hari jadwal pelajaran anak ada lima, maka akan banyak sekali buku yang akan dibawanya. Belum lagi, si anak akan membawa kotak pensil, tempat makan, dan botol air minum.

Bagi seorang anak yang masih duduk di bangku SD tentunya tidak mudah untuk membawa semua barang-barang yang beratnya hingga mencapai kurang lebih 5 Kilogram. Tak heran, banyak anak yang akan menyeret tasnya karena terlalu berat. Perilaku anak tersebut tentunya bisa membuat tasnya jadi cepat rusak.

Agar tidak sering membeli tas sekolah untuk anak, sebaiknya Anda memilihkan tas yang tepat untuknya. Bagaimana cara memilih tas untuk anak? Berikut cara cerdas memilih tas sekolah anak:

Corbisimages.com

Corbisimages.com

1. Pilih yang berbahan kuat

Pada umumnya tas sekolah terbuat dari bahan parasut, kulit, dan kain. Ketika memilihkan tas untuk anak, sebaiknya pilih yang berbahan parasut yang cukup tebal dan kuat. Bahan tersebut tidak mudah rusak, sekalipun untuk menampung beban yang cukup berat. Selain itu, buku-buku pelajararan yang ada di dalamnya juga akan aman jika suatu saat kehujanan.

2. Model ransel

Tas model ransel sangat cocok untuk si anak. Tas dengan model tersebut pada umumnya terbuat dari bahan yang kuat dan memiliki banyak kantong luar termasuk untuk botol air minum. Model tas ini juga memiliki dua kali sehingga beban tas tidak hanya bertumpu pada satu bahu saja. Namun perlu Anda ketahui bahwa jika beban yang dibawa anak terlalu berat, maka lama-kelamaan bisa mempengaruhi postur tubuhnya.

3. Tas ransel yang dilengkapi roda

Alangkah baiknya untuk memilihkan tas ransel yang memiliki roda. Tas seperti itu tetap bisa dipakai seperti ransel biasa. Jika si anak sewaktu-waktu malas mengenakan tas di punggung, maka mereka bisa langsung menyeretnya saja. Dengan begitu bisa mengurangi beban si anak.

Itulah cara cerdas memilih tas sekolah untuk anak. Sebagai orangtua yang baik, Anda hendaknya tidak begitu saja menuruti keinginan anak mengenai tas yang dipilihnya. Biasanya si anak tertarik hanya karena melihat gambar dan warnanya. Untuk itu, Anda harus bisa menasihatinya dengan baik dan memilihkan tas yang tepat untuknya. (NR)

Comment di sini