CiriCara: Cara Membuat Sate Kambing Empuk

by

Sate KambingCiriCara.com – Saat membuat sate kambing sendiri di rumah, masalah yang sering ditemui adalah daging satenya terasa alot dan keras. Hal ini tentu akan mengganggu kenikmatan Anda dalam menyantap sate kambing. Mau tahu cara agar daging sate jadi empuk?

Daging kambing memang disukai banyak orang. Tapi, kebanyakan daging kambing akan jadi alot saat diolah menjadi sate. Karenanya, butuh trik khusus agar daging kambing yang akan dijadikan sate tetap empuk.

Resep Sate Kambing

Bahan:
- 750 gram daging kambing, potong-potong membentuk dadu agar mudah ditusuk

Bahan untuk olesan:
- 8 sendok makan kecap
- 2 sendok teh garam
- Air jeruk nipis secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Bahan saus:
- 200 ml kecap manis
- 6 butir bawang merah, iris dadu
- 3 siung bawang putih, iris dadu (boleh dihilangkan jika tidak suka)
- 6 buah cabai rawit, iris tipis
- Tomat secukupnya, iris sesuai selera
- Garam secukupnya

Cara membuat:
- Tusuk daging kambing yang sudah diiris dadu, 5-10 potong per satu tusuk sate.
- Bumbu olesan: campurkan kecap, garam, air jeruk nipis, dan minyak goreng dalam satu wadah. Aduk sampai tercampur rata.
- Oleskan bumbu ke daging kambing yang sudah ditusuk. Oleskan secara merata ke semua bagian daging.
- Bakar daging kambing di atas arang sampai matang. Selama proses pembakaran, Anda bisa terus mengoleskan bumbu agar daging matang merata.
- Membuat saus: campurkan kecap manis, garam, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan tomat ke dalam satu wadah. Aduk sampai rata.
- Taruh sate yang sudah matang di piring saji bersama campuran saus dan sayuran. Sate kambing siap untuk dinikmati.

Tips agar daging kambing jadi empuk saat disate:

- Tepung kanji: sebelum dibakar, daging kambing yang sudah ditusuk digulingkan ke tepung kanji. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu digoyang-goyangkan agar tepung kanji yang tidak menempel bisa jatuh.
- Daun pepaya: bungkus daging kambing yang belum ditusuk (tapi sudah dicuci) menggunakan daun pepaya. Diamkan kurang lebih 20 menit. Setelah itu daging bisa langsung dibakar.
- Air kelapa: rendam daging kambing ke dalam air kelapa selama kurang lebih 15-20 menit. Selain jadi empuk, air kelapa juga bisa menghilangkan bau amis pada daging.
- Nanas: daging kambing direndam dalam parutan nanas. Namun, jangan terlalu lama karena daging bisa hancur.
- Agar daging kambing empuk, hindari kontak dengan api secara langsung. Saat membakar sebaiknya menggunakan bara api yang bagus.

Itulah resep dan tips membuat sate kambing yang empuk. Dijamin, sate kambing buatan sendiri akan terasa lebih nikmat dan tidak kalah enak dari sate kambing yang ada di restoran. Selamat mencoba!

(YG)


comments powered by Disqus