CiriCara: Cara Mudah Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

by
April 10th, 2013 at 10:17 am

meningkatkan kolesterol baikCiriCara.com – Pada saat mendengar kata kolesterol, biasanya yang dibayangkan beberapa orang adalah sumber penyakit. Akan tetapi, ketahuilah bahwa pada dasarnya kolesterol dibagi menjadi dua jenis, LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik.

Idealnya, kadar kolseterol baik harus lebih banyak daripada kolesterol jahat. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengurangi segala makanan yang digoreng kering karena mengandung kolesterol jahat cukup tinggi.

Selain mengurangi makanan yang digoreng, ada hal lain yang perlu Anda lakukan agar meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dilansir dari Womenshealthmag.com, berikut cara mudah meningkatkan kolesterol baik:

1. Berhenti merokok

Jika Anda seorang perokok berat atau hanya sekadar iseng merokok, maka sebaiknya hentikan kebiasaan buruk itu. Ketahuilah bahwa sekecil apapun asap rokok yang diisap bisa menghambat produksi kolesterol baik dari liver.

2. Menurunkan berat badan

Obesitas atau memiliki berat badan berlebih bisa meningkatkan kolesterol jahat. Jika indeks massa tubuh lebih dari 25, maka segeralah cari cara sehat untuk menurunkan berat badan. Dengan berat badan yang ideal Anda bisa meningkatkan kolesterol baik dan memangkas kolesterol jahat. Jika sudah begitu, maka tubuh Anda akan selalu sehat dan dijauhkan dari berbagai penyakit.

meningkatkan kadar kolesterol baik

3. Mengonsumsi lemak sehat

Mulai saat ini, tinggalkan mentega, gorengan, dan makanan yang mengandung lemak trans serta lemak jenuh. Alangkah baiknya untuk meng0nsumsi lemak sehat saja yang bisa Anda dapat dari alpukat, salmon, sarden segar, dan minyak zaitun. Mengonsumsi asam lemak tak jenuh telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Berolahraga

Rutin berolahraga bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Luangkanlah waktu 30 menit setiap harinya untuk melakukan aktivitas yang Anda inginkan. Misalnya, melakukan aerobik, lari pagi, berenang, dan olahraga lainnya. Dengan begitu, kolesterol jahat akan berkurang dan tubuh menjadi lebih sehat.

5. Selalu berpikir optimis

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Harvard School of Public Health of Boston menunjukkan bahwa orang dewasa yang selalu optimis dan berpandangan positif memiliki kadar kolesterol baik dalam darahnya. Ketahuilah bahwa kolesterol baik merupakan salah satu faktor penentu kesehatan jantung.

Itulah cara mudah meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi oatmeal, yoghurt, sayuran, buah-buahan, dan cokelat hitam untuk meningkatkan kolesterol baik. Semua makanan itu merupakan sumber kolesterol yang baik untuk tubuh Anda. (NR)

Comment di sini