BlackBerry 10 Tidak Populer di Amerika Serikat

by
April 11th, 2013 at 12:02 pm

BlackBerry-10-British-government-failed-to-pass-safety-testsCiriCara.comBlackBerry tampaknya harus berjuang lebih keras untuk mendongrak eksistensi platform terbarunya BlackBerry 10, karena sepertinya promosi yang telah dilakukan selama ini belum sukses. Dilansir TechHive, menurut survei yang dilakukan MKM partners dari 1500 konsumen Amerika, 82,6% dari mereka tidak tahu bahwa BlackBerry 10 sudah meluncur bulan Januri kemarin di Canada dan Eropa. Menurut laporan, survei ini diadakan pada 7 Maret hingga 2 April 2013.

MKM menyampaikan “keefektifitasan rencana pemasaran BlackBerry patut dipertanyakan, karena 63 persen dari responden tidak mengetahui kapan BlackBerry 10 bakal diluncurkan di Amerika” dan saat ditanya apakah mereka penasaran atau tertarik dengan sistem operasi BlackBerry terbaru ini, 68 persen menjawab mereka tidak penasaran dan tidak tertarik.

Tapi jangan dulu tertawa jika Anda salah satu pengguna Windows Phone, survei yang sama telah diselenggarakan dengan obyek Windows Phone 8, menghasilkan 60,5 persen responden tidak tahu bahwa smartphone Windows 8 ini sudah meluncur dan sudah dapat dibeli. Sedangkan 63.9 persen tidak tertarik dengan Windows Phone 8 dan juga tidak ingin tahu tentang platform ini.

Smartphone BlackBerry Z10 telah hadir di tiga operator seluler terbesar di Amerika akhir Maret kemarin. Namun pemasaran dari ketiga operator ini dinilai kurang maksimal dan kurang serempak. Wall Street Journal melaporkan bahwa AT&T tidak meletakkan promosi BlackBerry Z10 di tempat yang strategis pada toko-tokonya. Sedangkan Verizon hanya tampak sedikit lebih menyorotkan BlackBerry Z10 pada tokonya.

Dukungan operator merupakan sebuah halangan yang menjegal langkah Windows Phone untuk memajukan platformnya, bukan tidak mungkin hal yang sama juga terjadi pada BlackBerry. Hasil survei memang menunjukkan keaadan yang cukup genting bagi BlackBerry di pasar Amerika dengan hanya 5,9 persen responden berencana untuk membeli smartphone seri BlackBerry 10.

Namun hasil ini sudah cukup baik karena walau dengan angka kecil ini BlackBerry berhasil duduk di posisi ketiga di bawah Samsung dan Apple. Jika BlackBerry dapat meyakinkan konsumennya untuk menanjak ke BlackBerry 10, kemungkinan BlackBerry akan merebut pasar lebih banyak lagi, terlebih dengan diluncurkannya model QWERTY BlackBerry 10, BlackBerry Q10.

Di sisi lain, menurut survei ini dapat disimpulkan bahwa pasar Amerika sedang didominasi oleh produk Apple dan Samsung, di mana 33 persen responden mengakui bahwa mereka memiliki iPhone dan 28,3 persen responden memiliki smartphone Samsung.

Dari survei yang sama, 19,6 persen responden akan membeli produk Samsung dan 17,7 persen akan membeli iPhone sebagai ponsel mereka bila mereka ingin berganti ponsel, sedangkan sisanya belum pasti dan masih bingung memilih.

Memang BlackBerry kurang bisa membujuk pasar Amerika yang lebih kritis dalam memilih suatu barang. Namun BlackBerry cukup menancapkan tajinya di negara lain seperti di Indonesia, dengan penjualan BlackBerry Z10 yang cukup sukses di Tanah Air. (LH)

TechHive

Comment di sini