CiriCara: Cara Aman Mengonsumsi Fast Food

by

makanan cepat sajiCiriCara.com – Siapa yang tak suka dan tergoda dengan fast food? Nampaknya, hampir sebagian besar masyarakat tergoda dengan kelezatan burger, ayam goreng tepung, dan kentang yang berada di setiap mal. Saat berada di mal dan merasa lapar, tentunya yang menjadi pilihan adalah mengonsumsi fast food atau makanan cepat saji.

Makanan cepat saji memang menggugah selera dan menarik masyarakat untuk membelinya. Beragam menu yang ditawarkannya itu membuat seseorang jadi ingin mencoba dan memakannya. Namun, ketahuilah bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji bisa membahayakan kesehatan diri sendiri.

Sepertinya, beberapa orang sudah mengetahui bahaya fast food bagi kesehatan. Akan tetapi, terkadang mereka tak sadar diri sehingga bisa mengonsumsinya lima kali dalam seminggu. Makanan cepat saji yang dimakan dan masuk ke dalam tubuh akan menjadi tumpukan racun yang berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan obesitas jika Anda terlalu sering mengonsumsinya.

Mengonsumsi fast food boleh-boleh saja asalkan Anda tidak terlalu sering mengonsumsinya atau sesekali saja. Tujuannya adalah agar tidak terlalu berdampak buruk pada kesehatan Anda. Dilansir Healthmeup.com, inilah cara aman mengonsumsi fast food:

1. Pastikan nutrisinya seimbang

Jika ingin mengonsumsi fast food, maka makanlah secukupnya dan pastikan nutrisinya seimbang. Anda jangan hanya memesan cheese burger, kentang goreng, dan minuman bersoda saja. Untuk menyeimbangkan nutrisinya, Anda juga harus memesan salad yang berisi sayuran dan buah-buahan. Selain itu, alangkah baiknya untuk meminum air putih saja dibandingkan dengan meminum minuman bersoda.

2. Pilih menu yang sehat

pizza sehat

Pada saat memesan salad, pilihlah dressing yang rendah lemak dan kalori. Sebaiknya, jangan terlalu banyak menggunakan mayonaise. Ketika ingin makan burger atau pizza, pilihlah roti yang terbuat dari tepung gandum karena memiliki cukup serat. Selain itu, pilih juga topping atau isi yang lebih banyak sayurannya.

3. Menghindari yang mengandung banyak lemak

Hindari menu yang berlabel deep-fried, pan-fried, creamy atau cream sauce karena pada umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Untuk fast food, alangkah baiknya untuk memilih menu panggang dengan banyak sayuran saja dan pilih daging “putih”, seperti ikan atau ayam.

4. Perhatikan porsinya

Makanan cepat saji mengandung paling sedikit 100 kalori. Jika ingin tetap sehat, maka pilihlah dengan porsi kecil. Untuk pemesanan burger, pilihlah burgernya saja atau alau carte tanpa kentang goreng dan minuman bersoda. Selain itu, jangan juga tergiur dengan ukuran minuman yang lebih besar dengan harga murah.

5. Makan secara perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan membantu otak untuk mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa Anda sudah kenyang. Makan perlahan juga bisa membuat Anda jadi lebih rileks dan kinerja pencernaan lebih baik sehingga membuat Anda menjadi lebih puas menikmati makanan.

Itulah cara aman mengonsumsi fast food. Bagaimanapun juga, mengonsumsi fast food berlebihan hanya akan membahayakan kesehatan diri sendiri saja. Untuk itu, jangan terlalu sering mengonsumsinya. Anda hanya boleh mengonsumsinya satu minggu sekali saja. (NR)


comments powered by Disqus