CiriCara: Cara Membuat Batagor Bandung

by
April 11th, 2013 at 4:48 pm

Batagor BandungCiriCara.com – Bakso tahu goreng (Batagor) adalah salah satu makanan khas Indonesia. Batagor berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Tak heran banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan batagor Bandung. Mau tahu cara membuatnya?

Batagor sangat cocok untuk Anda pecinta makanan pedas. Karena biasanya batagor selalu disajikan dengan siraman saus kacang. Batagor ini paling cocok jadi camilan di waktu siang atau sore, sambil menunggu jam makan tiba.

Resep Batagor Bandung

Bahan:
- 250 gram ikan tenggiri, haluskan
- 250 gram tepung kanji
- 6 buah tahu putih, ukuran 4×4 cm
- 8 lembar kulit pangsit
- 250 ml air es
- 2 batang daun bawang, iris tipis
- 2 batang seledri, iris tipis
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:
- Campurkan ikan dan air es, uleni sampai tercampur rata. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit, uleni sampai membentuk adonan. Tambahkan daun bawang, seledri, bawang putih, merica, dan garam, aduk terus sampai rata.
- Setelah adonan siap, bagi adonan menjadi 3 bagian: masing-masing untuk isi tahu, isi pangsit, dan satu bagian untuk bentuk bakso.
- Potong tahu secara diagonal (bentuk segitiga). Lubangi bagian tengah tahu, sisihkan remah-remahnya. Campurkan remah tahu ke dalam adonan untuk isian tahu. Lalu isikan adonan ke dalam tahu. Lakukan hingga semua tahu terisi adonan.
- Setelah tahu, sekarang kita isi kulit pangsit dengan adonan. Caranya letakkan adonan di tengah kulit pangsit, satukan ujung-ujung pangsit ke atas hingga sisi-sisinya saling merekat. Lakukan hingga pangsit habis.
- Jika masih ada sisa adonan, Anda bisa menjadikannya bentuk bulat seperti bakso. Lakukan sampai adonan habis.
- Setelah batagor sudah siap, Anda bisa mulai menggorengnya. Goreng sampai matang atau berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
- Letakan batagor yang sudah matang di atas piring saji. Potong-potong beberapa, lalu siramkan saus kacang. Batagor Bandung siap untuk dinikmati.

Batagor pangsit bentuk bintang

Batagor pangsit bentuk bintang

Saus kacang
Bahan:
- 100 gram kacang tanah goreng, haluskan
- 1/2 sendok teh garam
- 125 ml air hangat
- 3 buah cabai merah, haluskan (bisa ditambah sesuai selera)
- 1 sendok makan cuka atau air jeruk nipis
- Kecap manis secukupnya

Cara membuat:
- Campurkan semua bahan menjadi satu, kecuali kecap manis. Ulek sampai halus dan tercampur rata. Saus kacang bisa langsung disiramkan ke batagor dan terakhir, tambahkan kecap manis di atasnya.

Selamat mencoba! (YG)