CiriCara: Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja

by
April 11th, 2013 at 4:04 pm

lamaran pekerjaanCiriCara.com – Ketika seseorang sedang mencari sebuah pekerjaan tentunya harus memiliki surat lamaran kerja dan CV (Curriculum Vitae). Kedua hal tersebut tentunya tak boleh dianggap remeh karena bisa menentukan apakah Anda bisa bekerja di perusahaan itu atau tidak.

Untuk itu, surat lamaran kerja dan CV harus dibuat dengan benar. Jangan sampai ada kesalahan salah ketik, berbohong, dan kesalahan lainnya. Jika ada kesalahan di dalam surat lamaran dan CV Anda, maka bisa memperkecil peluang untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Ketahuilah bahwa surat lamaran dan CV merupakan bentuk awal akan keseriusan Anda untuk bekerja. Untuk itu, buatlah sebaik-baiknya dan kirimkan dengan cara yang benar. Dilansir dari Magforwemen.com, berikut cara membuat surat lamaran dan CV:

1. Harus ringkas dan tepat

Perusahaan yang Anda lamar mungkin akan mendapati puluhan resume setiap harinya. Untuk itu, usahakan Anda membuat resume yang ringkas dan tepat untuk menarik perhatiannya. Resume yang ringkas dan tepat juga harus bisa dipahami oleh si penerima nantinya.

2. Memakai kata kunci

Ketahuilah bahwa memberikan penjelasan rinci tentang pendidikan dan pengalaman masa lalu bukanlah suatu jaminan untuk bisa dilirik oleh perusahaan. Untuk itu, Anda perlu memakai kata kunci, seperti kemampuan yang memang benar-benar sesuai dengan kriteria. Salah satu cara ini lebih baik dan terlihat ringkas. Anda tak perlu membuang banyak kata atau kalimat sehingga membuat si pembaca bosan.

CV

3. Perhatikan teknik penulisan

Jika ada salah ketik di dalam surat lamaran dan CV, maka Anda akan dicap sebagai orang yang kurang teliti. Untuk itu, pastikan bahwa tak ada kesalahan di kedua lampiran tersebut. Perhatikan juga penulisan dan ejaan yang benar agar Anda bisa dinilai sebagai orang yang teliti.

4. Perhatikan akun jejaring sosial

Mungkin Anda mem-follow akun Twitter beberapa perusahaan yang diincar. Untuk itu, berhati-hatilah ketika mem-posting sesuatu. Jangan sembarangan menulis tweet yang bisa merusak kredibilitas Anda. Cobalah terlihat sedikit profesional dengan memberikan pendapat mengenai suatu permasalahan yang sedang ramai dibicarakan oleh publik.

5. Pastikan mengirim dengan format yang benar

Jika Anda mengirimkan surat lamaran dan CV melalui email, maka pastikan subjek dan alamat email yang dituju benar. Selain itu, pastikan juga surat lamaran dan CV Anda dalam format yang benar sehingga mudah diunduh.

Itulah cara mengirimkan surat lamaran kerja. Pada intinya, pastikan surat lamaran yang Anda buat tak ada kesalahan, singkat, dan jelas sehingga bisa menarik perhatian perusahaan. (NR)

Comment di sini