CiriCara: Cara Tepat Memandikan Bayi

by
April 11th, 2013 at 2:57 pm

memandikan bayiCiriCara.com – Menjadi seorang ibu baru memang cukup sulit. Banyak hal-hal yang masih harus dipelajari secara perlahan untuk merawat si buah hati yang baru saja dilahirkan. Rasanya sangat senang ketika si bayi itu dilahirkan dan ingin segera merawatnya dengan baik.

Akan tetapi bagi seorang ibu baru akan ada banyak hal yang dipelajari, salah satunya adalah memandikan bayi. Salah satu pekerjaan itu tergolong sangat ditakuti oleh beberapa ibu baru. Mengapa? Karena bayi yang baru lahir itu masih memiliki tulang yang sangat lentur.

Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat memandikannya. Beberapa ibu baru yang masih belum memandikan si buah hati biasanya akan menyuruh orang lain untuk membantu atau mengajarinya. Namun jangan biarkan hal tersebut terlalu lama karena Anda juga harus memberanikan diri untuk memandikan si buah hati agar terbiasa.

Berikut cara tepat memandikan si buah hati:

1. Menyiapkan peralatan mandi

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah menyiapkan peralatan mandinya. Peralatan mandi yang perlu Anda persiapkan, antara lain air hangat dalam baskom ukuran sedang, sampo, sabun bayi, waslap, dan handuk lembut. Pastikan suhu ruang tempat bayi hangat, tidak kurang dari 25 derajat Celcius. Setelah itu, letakkan perlengkapan mandi si kecil di tempat yang terjangkau. Lalu, tuangkan air dingin ke dalam bak mandi si kecil dan tuangkan air panas. Suhu air harus berkisar 29-30 derajat Celcius.

bayi mandi

2. Buka baju secara perlahan

Jika semua perlengkapannya sudah siap, maka Anda bisa membuka bajunya. Bukalah baju si kecil secara perlahan. Setelah itu, bungkuslah tubuh si bayi dengan handuk dan baringkan di atas alas air.

3. Membersihkan matanya

Untuk memandikannya, awali dengan membersihkan kelopak mata bagian atas secara perlahan dengan waslap yang sebelumya sudah direndam air hangat. Cara lain, Anda bisa membersihkan mata dari luar ke dalam dengan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat.

4. Membersihkan kepala hingga kakinya

Basuh kepala si bayi, wajah, telinga, leher, dada, lengan, punggung, dan tungkainya. Perhatikan juga derah lipatan pada si bayi. Untuk kepalanya, beri sedikit sampo di waslap dan gosok hingga berbusa. Lalu, usapkan ke kepala si bayi secara perlahan. Bersihkan waslap dan usap lembut kembali ke kepalanya hingga tak ada busa yang menempel. Jika bagian kepala sudah selesai, maka Anda bisa lanjut menadikan tubuh si bayi. Bersihkan dengan waslap lipatan-lipatan di leher, tangan dan kakinya.

5. Membersihkan daerah kelamin

Untuk daerah kelamin, Anda harus membersihkannya dari arah depan ke belakang. Jika si bayi laki-laki dan belum disunat, maka tak perlu menarik ujungnya. Anda cukup membersihkan bagian luarnya saja. Sedangkan untuk yang sudah disunat, jangan lupa membersihkan bagian buah zakar si bayi.

6. Bilas hingga bersih

Jika semua bagian tubuhnya sudah dibersihkan, maka bilas dengan menggunakan waslap yang sudah dibasahi air hangat sampai bersih.

Itulah cara tepat memandikan bayi. Bagaimanapun juga, Anda harus memberanikan diri untuk memandikannya. Jika tak mau mencobanya, maka tak akan pernah bisa. Ketahuilah bahwa merawat si buah hati itu tentunya menjadi kesenangan tersendiri. (NR)

Comment di sini