Siswa TK Diskors Gara-gara Berambut Mohawk

by
April 11th, 2013 at 10:39 am

Ohio (CiriCara.com) – Ethan Close, seorang siswa taman kanak-kanak berusia 5 tahun dipaksa pulang dari sekolah setelah tampil dengan potongan rambut Mohawk.

Ethan merupakan siswa TK Reid Elemantary di Springfield, Ohio, AS. Ia tak boleh kembali bersekolah bila belum menghilangkan rambut Mohawk yang disebut melanggar peraturan berpenampilan yang ditetapkan di distrik.

Keshia Castle, ibunda Ethan, mengatakan putranya berpikir potongan rambut Mohawk-nya keren dan teman-teman sekelas pun menyukainya.

“Anak-anak mendekatinya, meraba rambutnya, dan semacamnya,” kata Castle.

Namun pihak sekolah menganggap rambut baru Ethan menganggu proses belajar mengajar sebab para guru tak mendapatkan perhatian dari para murid.

Pengawas sekolah, Gregg Morris, mengatakan gaya rambut itu menganggu konsentrasi para murid dan melanggar aturan distrik.

“Peraturan kita jelas menyatakan bahwa segala dandanan atau pakaian yang mengganggu proses belajar mengajar tak bisa diterima. Dalam hal ini, gaya rambut siswa itu menganggu kelas,” kata Morris.

Nenek Ethan mengatakan gaya rambut cucunya mirip dengan gaya Mohawk anak-anak lain. Bedanya, sisi kiri dan kanan kepala Ethan bersih dari rambut.

Sebelum kasus ini mencuat, seorang relawan yang menjadi pelatih tim futbol SMA Shawnee bernama Tim Seelig pernah muncul di koran lokal Springfield dengan gaya rambut Mohawk pada 2009 dan 2011.

Ketika situasi Ethan dan Tim dibandingkan, Morris mengatakan keduanya tidak sama.

“Tim berusaha memotivasi anak-anak agar lolos babak playoff. Kelas tidak terganggu. Sedangkan dalam kasus Ethan, lingkungan belajar mengajar terganggu dan melanggar aturan berpenampilan murid sekolah,” jawab Morris.

Ethan bukanlah siswa pertama yang pernah dipulangkan dari sekolah di Ohio karena bergaya rambut Mohawk. Pada 2008, seorang siswa dipulangkan dari sekolahnya di Parma, Cleveland, karena berambut Mohawk.

(hp)

Huffington Post

Comment di sini