CiriCara: Cara Cerdas Agar Anak Mau Minum Obat

by
April 12th, 2013 at 3:59 pm

anak minum obatCiriCara.com – Ketika si anak sakit, hal yang paling ditakutinya adalah meminum obat. Tak jarang, banyak anak kecil yang menolak untuk meminum obat dengan alasan rasanya yang tidak enak atau pahit. Jika si anak menolak untuk meminum obat, maka biasanya orangtua akan kewalahan atau jadi memarahi si anak.

Memarahi agar si anak mau meminum obat sebaiknya tidak dilakukan. Ada cara baik lainnya agar si anak mau meminum obat. Apa cara tersebut? Dicuplik dari Perempuan.com, berikut cara cerdas agar anak mau minum obat:

1. Jangan memaksa

Memaksa anak dengan mencekokinnya langsung ke tenggorokannya merupakan cara yang salah. Melakukan cara tersebut bisa menyebabkan si anak tersedak dan obat malah akan masuk ke dalam paru-paru. Alangkah baiknya untuk tidak memkasa si anak. Berikan dia keleluasaan kapan dan bagaimana mau meminum obatnya. Namun, Anda harus tetap mengontrol dan sesuaikan dengan dosis yang diberikan si dokter.

2. Hilangkan bau obatnya

Menggunakan pipet

Menggunakan pipet

Agar si anak mau meminum obatnya, Anda bisa menghilangkan bau obat tersebut. Misalnya, memberikan jus buah atau madu setelah si anak meminum obatnya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan biskuit atau roti manis. Dengan cara ini, mungkin si anak akan malah meminta Anda untuk diminumkan obat.

3. Mencampurkan obat ke makanan atau minuman

Mencampurkan obat ke dalam makanan atau minuman bisa menjadi alternatif agar si anak mau meminum obatnya. Namun, sebelum melakukan cara yang satu ini sebaiknya tanyakan kepada dokter dahulu. Pastikan obat tersbut boleh dicampurkan ke dalam makanan dan minuman dan tidak mempengaruhi dosis obat.

4. Menggunakan pipet

Untuk si anak yang usianya masih di bawah 2 tahun, Anda bisa menggunakan pipet atau penyemprot oral. Alat tersebut akan memudahkan dalam meminumkan obat cair pada anak yang usianya masih di bawah 2 tahun atau bayi. Ujung pipet lebih mudah masuk ke mulut anak dibandingkan dengan menggunakan sendok teh.

Itulah cara cerdas agar si anak mau minum obat. Bagimanapun juga, sebagai orangtua Anda harus bisa membujuk atau melakukan cara yang cerdas agar si anak mau menghabiskan obatnya. (NR)

Comment di sini