Lompat dari Jembatan, Penggemar Parkour Tewas

by
April 12th, 2013 at 11:24 am

EuroPics[CEN]

EuroPics[CEN]

Luzhou (CiriCara.com) – Seorang pemuda penggemar olahraga parkour tewas setelah melompat dari jembatan berketinggian 36,5 meter .

Nyawa Wang Zijian, penantang maut berusia 21 tahun asal Luzhou, Provinsi Sichuan, China, tak bisa diselamatkan setelah tenggelam karena pingsan sesudah tubuhnya membentur air sungai di bawah jembatan.

Dalam aksinya, Wang meminta kawan-kawannya untuk merekam lompatan yang berujung maut tersebut.

“Dia berkata dia punya perasaan kuat bahwa dia bisa melompat dengan lancar jadi dia memanggil kawan-kawannya dan memberitahu untuk menemuinya di jembatan,” kata salah satu kawan.

“Ketika kami sampai, dia memberikan ponselnya dan menyuruh kami terus merekam,” tambah kawan lainnya.

EuroPics [CEN]

EuroPics [CEN]

Namun Wang tenggelam di Sungai Tuojiang setelah benturan yang keras ke air membuat dia pingsan.

“Dia muncul sebentar dan mulai berenang namun kemudian menghilang di bawah air dan tak terlihat lagi,” jelas juru bicara kepolisian.

Pihak berwenang meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko melompati gedung-gedung tinggi dan jembatan sebagai bagian dari parkour. Mereka berpendapat para pegiat parkour tak memedulikan risiko bagi diri mereka sendiri.

Namun banyak praktisi parkour yang teguh berpendapat bahwa olahraga nonkompetitif ini tidak berbahaya selama dilakukan dengan baik sesuai prosedur keselamatan.

Olahraga ini dikaitkan dengan tewasnya sejumlah orang di sejumlah tempat di dunia selama beberapa tahun terakhir, tapi pihak berwenang tak bisa menyimpulkan apakah mereka ini tewas karena sengaja bunuh diri atau tidak.

Usaha untuk menciptakan tempat yang aman untuk bermain parkour sudah digalakkan di berbagai tempat. Namun, para pegiat merasa ini malah mengurangi kebebasan olahraga tersebut.

Parkour ditampilkan di film-film dan game sehingga menarik minat banyak orang di seluruh dunia. Olahraga bebas ini sering muncul di film-film laga seperti serial Bourne dan James Bond.

Pada Juni 2012, seorang perempuan berusia 24 tahun tewas setelah jatuh dari lantai 17 suatu gedung tempat dia berlatih parkour untuk pertama kalinya di St. Petersburg, Rusia. Menurut pihak kepolisian, saat itu dia tengah berlatih bersama kakak perempuan dan empat pria lainnya yang sudah berpengalaman dalam olahraga parkour.

(hp)

Daily Mail

Comment di sini