6 Bahaya Suntik Botox

by
April 15th, 2013 at 3:43 pm

suntik botoxCiriCara.com – Suntik botox nampaknya semakin banyak digunakan dalam dunia medis karena berbagai manfaat dan keuntungan yang bisa didapat. Botox merupakan perawatan kosmetik non-bedah yang berisi toksin botulinum tipe A, albumin manusia, dan sodium klorida.

Pada awalnya, suntik botox digunakan untuk memperbaiki kelainan fungsi otot, mengurangi kejang-kejang di sekitar mata serta meringankan kedudatan. Lalu, hingga saat ini suntik botox malah digunakan dalam dunia kecantikan dan kosmetik untuk menghaluskan kerutan. Dengan melakukan suntik botox, wajah seorang wanita jadi terlihat lebih kencang.

Namun, ketahuilah bahwa sesuatu yang tidak alami itu akan memiliki dampak negatif. Di balik kecantikan yang didapat dari suntik botox itum terdapat bahaya yang bisa mengancam jiwa. Apan saja bahaya tersebut? Dilansir dari Boldsky.com, berikut 6 bahaya suntik botox:

1. Mengalami memar dan bengkak

Salah satu efek negatif yang bisa Anda alami yaitu memar dan bengkak, terutama bagi si kulit sensitif. Setelah suntik botox, nyeri ringan atau sedang bisa terjadi bersama dengan munculnya tanda kemerahan karena cedera ringan sampai jaringan kulit lunak.

2. Timbul reaksi alergi

Jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu bahan injeksi botox, maka efek samping yang mungkin terjadi adalah reaksi alergi. Gejalanya ditandai dengan gatal, asma, ruam, bekas merah, dan pusing. Jika sudah merasa memiliki masalah pernapasan dan pusing, maka segera ambil tindakan medis.

3. Gejala flu

botox

Salah satu bahaya dari suntik botox adalah mengalami gejala flu. Gejala ini biasanya terjadi seminggu setelah melakukan penyuntikan botox. Gejala lain yang akan muncul yaitu demam, sakit kepala, nyeri tubuh, menggigil, dan hidung tersumbat.

4. Bronkitis dan ISPA

Bahaya tersebut bisa terjadi pada pasien yang sedang menjalani pengobatan kelenturan. Pada pasien dengan fungsi paru-paru yang telah berkurang, botox bisa menyebabkan kesulitan bernapas dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

5. Infeksi sinus

Beberapa orang ada yang mengalami infeksi sinus setelah dirinya melakukan suntik botox. Sinus yang dialaminya itu mungkin akan membengkak dan bisa menyebabkan sakit kepala yang berulang.

6. Menyebabkan infeksi saluran kemih

Botox juga sering digunakan untuk pengobatan kandung kemih yang terlalu aktif, yang menyebabkan dorongan tak terkendali untuk sering buang air kecil karena kontraksi otot-otot pada kandung kemih. Dengan melakukan suntik botox bisa mengendurkan otot-otot tersebut. Namun, hal tersebut bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Itulah 6 bahaya suntik botox yang perlu Anda ketahui. Walaupun banyak keuntungan yang bisa Anda dapat, namun akan ada efek sampingnya juga yang merugikan kesehatan. Bagaimana, Anda tetap mau melakukan suntik botox?

(NR)

Comment di sini