CiriCara: Cara Alami Menghilangkan Gatal di Kulit Kepala

by
April 15th, 2013 at 11:47 am

gatal pada kulit kepalaCiriCara.com – Gatal pada kulit kepala, pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Terasa gatal pada kulit kepala sangat menggangu aktivitas seseorang karena seringkali ingin menggaruk bagian yang gatal itu. Lalu apa penyebabnya?

Kulit kepala yang gatal itu disebabkan adanya ketombe atau banyaknya kotoran yang menempel. Selain itu, jarang keramas dan membilas rambut tidak bersih juga bisa menyebabkan gatal di kulit kepala terjadi.

Rasa gatal yang dirasa itu terus Anda alami jika tidak mengatasinya dengan tepat. Ada cara mudah dan alami yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari Allwomenstalk.com, berikut 7 cara menghilangkan gatal di kulit kepala:

1. Alpukat dan pisang

Kulit kepala yang kering terkadang menimbulkan gatal yang tertahankan. Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan buah alpukat dan pisang. Caranya adalah menghaluskan kedua buah tersebut lalu oleskan pada rambut. Setelah itu, diamkan selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air bersih. Tidak hanya menghilangkan rasa gatal, tapi campuran buah ini juga bisa membuat rambut halus dan berkilau.

2. Jus lemon

Di balik rasanya yang menyegarkan, ternyata jus lemon bisa menghilangkan rasa gatal di kulit kepala. Anda bisa memakaikan 2 sendok makan jus lemon ke kepala, lalu pijat beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air dan gunakan campuran segelas air dan satu sendok jus lemon lagi untuk dipakaikan ke kepala. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menerapkannya setiap hari.

3. Lidah buaya

minyak jojoba

Tanaman lidah buaya memang sudah dikenal untuk mengatasi permasalahan rambut. Tapi, tenrnyata lidah buaya juga bisa menghilangkan rasa gatal di kulit kepala. Anda bisa mengambil bagian dalam lidah buaya yang bentuknya seperti gel, lalu oleskan langsung ke kulit kepala. Setelah itu, diamkan selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

4. Baking soda

Campuran baking soda dengan air merupakan bahan yang bisa dipakai untuk menghilangkan gatal di kulit kepala. Sebelum mengoleskannya, sebaiknya kulit kepala diberi minyak zaitun terlebih dahulu. Setelah itu, pakaikan baking soda dan diamkan selama 10-15 menit.

5. Cuka sari buah apel

Cara alami dan murah lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan cuka sari buah apel. Pakaikan bahan tersebut ke kulit kepala, lalu pijat dan bungkuslah dengan menggunakan handuk. Diamkan selama 15 menit hingga bahan tersebut meresap ke dalam kulit kepala. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

6. Minyak jojoba

Selain untuk wajah, minyak jojoba juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi gatal di kulit kepala. Caranya mudah yaitu Anda cukup lakukan pijatan halus di kulit kepala dengan minyak jojoba satu minggu sekali. Dengan begitu, rasa gatal akan pelan-pelan berkurang dan menghilang.

7. Minyak tea tree

Anda bisa mencampurkan bahan tersebut dengan sampo bayi. Campurkan setengah gelas sampo bayi dan 10-20 minyak tea tree. Gunakan campuran bahan tersebut setiap hai setiap kali Anda mengeramasi rambut. Selain untuk dijadikan sampo, Anda juga bisa menggunakan minyak tea tree dan dicampur dengan satu sendok makan minyak sayur untuk memijat kulit kepala yang gatal.

Itulah cara alami menghilangkan gatal di kulit kepala. Bagaimanapun juga, kulit kepala yang terasa gatal sebaiknya harus segera diatasi agar kulit kepala dan rambut menjadi lebih sehat. Bagaimana, Anda mau mencoba salah satu cara di atas?

(NR)

Comment di sini