CiriCara: Cara Merawat Sofa Agar Tetap Awet

by
April 15th, 2013 at 4:18 pm

merawat sofaCiriCara.com – Sofa merupakan salah satu peralatan rumah tangga atau furniture yang pastinya ada di setiap rumah. Sofa yang ada di rumah biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga.

Sofa bisa menjadi tempat yang nyaman untuk mengobrol dengan tamu atau anggota keluarga. Namun, kenyamanan itu tidak akan tercipta jika sofa yang dimiliki berbau atau tampilannya tidak menarik.

Hal tersebut bisa saja terjadi jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Jika sofa sudah rusak, maka Anda biasanya akan menggantinya dengan yang baru. Menggantinya dengan yang baru dalam jangka waktu yang cepat tentunya membuat pengeluaran Anda menjadi boros.

Untuk mencegah kerusakan pada sofa, ada cara perawatan yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Inilah cara merawat sofa agar tetap awet:

1. Hindari terkena paparan matahari langsung

Sofa di rumah Anda terlihat cepat memudar warnanya? Hal tersebut terjadi karena Anda salah ketika merawatnya atau meletakannya. Untuk merawat sofa, sebaiknya hindari terkena paparan matahahri langsung karena bisa membuat warna sofa menjadi cepat pudar. Untuk itu, letakanlah sofa di tempat yang terang namun tidak terkena sinar matahari.

2. Rajin membersihkannya

Rajin membersihkan sofa merupakan salah satu cara perawatan sofa yang paling efektif. Jika terkena noda, maka Anda harus segera membersihkannya. Namun terkait dengan kebersihan sofa, perlu diketahui juga bahwa pembersihan sofa harus berdasarkan bahan dari sofa itu sendiri. Misalnya, untuk sofa kulit Anda harus membersihkannya dengan menggunakan lap. Celupakan kain lap ke dalam larutan air bercampur sabun dan pemembap khusus untuk bahan kulit.

membersihkan sofa kulit

3. Jangan menyeret sofa

Jika ingin memindahkan sofa ke tempat lain, maka pastikan Anda tidak menyeretnya. Menyeret sofa bisa menimbulkan goresan, bahkan merusak lapisan sofa. Cara yang benar memindahkan sofa adalah dengan mengangkat seluruh bagian sofa secara bersamaan, lalu meletakannya di tempat yang baru.

4. Jangan meletakkan koran di atasnya

Membaca koran sembari duduk di atas sofa memnag sangat nyaman. Namun perlu Anda ingat untuk tidak meletakkan koran di atas sofa. Tinta pada koran bisa meninggalkan bekas di sofa sehingga menyebabkan sofa menjadi kotor dan cepat rusak.

5. Pastikan sofa selalu kering

Hal penting lainnya untuk menjaga keawetan sofa adalah pastikan selalu dalam keadaan kering. Selain mencegah adanya kotoran yang menempel atau timbulnya jamur, sofa yang lembap juga akan cepat mengalami kerusakan.

Itulah cara merawat sofa agar tetap awet. Bagaimanapun juga peralatan rumah tangga atau furniture di rumah harus dirawat dengan baik demi kenyamanan anggota keluarga dan menghemat biaya pengeluaran agar tidak terlalu sering membeli. (NR)

Comment di sini