CiriCara: Cara Mudah Agar Lulus Ujian Nasional

by
April 15th, 2013 at 1:50 pm

ujian nasional 2013CiriCara.com – Untuk bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, saat ini siswa-siswi harus melewati Ujian Nasional dahulu. Tujuan adanya Ujian Nasional itu adalah untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif siswa-siswi selama belajar dengan standar nasional.

Namun, Ujian Nasional ini terkadang menjadi momok yang menakutkan sejumlah pihak. Baik itu dari guru, orangtua, maupun siswanya sendiri. Mereka takut siswa-siswinya tidak lulus dalam Ujian Nasional tersebut.

Bagi kamu yang sedang menjalani Ujian Nasional, ada cara mudah agar bisa lulus. Bagaimana? Berikut cara mudah agar lulus Ujian Nasional:

1. Belajar dan tetap rileks

Walaupun Ujian Nasional cukup mejadi momok yang menakutkan sebagian siswa-siswi, namun kamu harus tetap tenang menghadapinya. Tetaplah belajar maksimal dan rileks agar bisa menempuh ujian tersebut dengan sukses.

2. Belajar kelompok

Sebelum melaksanakan ujian esok, tak ada salahnya untuk mengadakan belajar kelompok bersama teman-teman sekolah.  Salah satu cara ini cukup efektif dilakukan jika melakukannya dengan fokus dan sungguh-sungguh. Dengan belajar kelompok kamu jadi bisa menyelesaikan beberapa soal dengan mudah, terlebih pelajaran matematika.

3. Membuat rangkuman pelajaran

Pelajaran yang lalu terkadang ada yang terlupakan oleh kamu. Untuk itu, kamu bisa mengingatnya kembali dengan cara membuat rangkuman. Buatlah rangkuman pelajaran yang akan diujikan. Dengan begitu, kamu bisa mempelajari dan mengingatnya lebih mudah.

4. Mempersiapkan perlengkapan ujian

Mempersiapkan perlengkapan ujian juga sangat penting kamu lakukan. Pastikan Anda sudah memiliki alat-alat tulis, seperti pensil, papan ujian, penggaris ujian, dan alat-alat tulis lainnya.

menghadapi UN

5. Jangan melakukan pekerjaan berat

Menjelang Ujian Nasional, jangan melakukan pekerjaan yang berat sehingga menggangu konsentrasi kamu. Melakukan pekerjaan yang berat berpengaruh dalam konsentrasi pola pikir kamu karena secara tidak langsung otak menyerap dua tenaga yang berlawanan antara memori dan beban.

6. Sering-sering berlatih soal

Agar kamu lebih percaya diri saat mengerjakan Ujian Nasinal nanti, sering-seringlah berlatih mengerjakan soal latihan. Dengan begitu, pada saat melihat soal Ujian Nasional yang sebenarnya kamu bisa menyelesaikan dengan mudah karena sudah terbiasa.

7. Jangan melakukan kecurangan

Banyak cara untuk bisa menempuh kesuksesan dalam Ujian Nasional. Salah satunya adalah mencontek. Pada saat Ujian Nasional nanti kamu disarankan untuk tidak mencontek karena bisa membuat bingung dan membuang tenaga saja. Mencontek pada buku catatan atau teman akan membuang memori kerja otak dan tenaga 3 kali lipat dari pada kamu mengerjakan dengan usaha dan kemampuan yang dimiliki.

8. Meminta restu

Mintalah restu kepada orangtua, keluarga, dewan guru, dan teman-teman agar Ujian Nasional nanti bisa sukses. Selain itu, meminta dukungan dari mereka juga bisa membuat kamu lebih merasa tenang. Mereka bisa memberikan nasihat atau saran yang memotivasi kamu untuk bisa sukses dalam Ujian Nasional.

9. Perbanyak ibadah

Ketika kamu sudah melakukan kedelapan cara di atas, cara terakhir yang kamu harus lakukan adalah perbanyak ibadah. Mintalah doa kepada-Nya agar diberikan kemudahan saat menghadapi Ujian Nasional nanti.

Itulah cara mudah agar lulus Ujian Nasional. Sebelum mengerjakan ujian, alangkah baiknya untuk memanjatkan doa kepada-Nya agar kamu diberikan kemudahan. Selain itu, tetaplah rileks agar kamu bisa menyelesaikan soal-soal ujian itu dengan mudah. Selamat meenjalankan Ujian Nasional. (NR)

Comment di sini