CiriCara: Cara Agar Remaja Mencintai Penampilannya

by
April 16th, 2013 at 2:17 pm

remaja berdandanCiriCara.com – Saat memasuki remaja, biasanya si anak sudah mulai ingin mencoba hal-hal baru. Salah satunya adalah berdandan bagi bagi si remaja putri. Remaja merupakan masa-masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada saat itulah orangtua harus mendampingi dan memantau si anak lebih ekstra.

Namun, sebagai orangtua jagan terlalu melarang si anak saat dirinya melakukan sesuatu. Ada hal yang harus Anda dukung juga. Saat memasuki usia remaja, ajari dirinya untuk bisa mencintai apa yang dimiliki termasuk penampilannya. Bagaimana caranya? Berikut cara agar remaja mencintai penampilannya:

1. Memuji penampilannya

Agar si anak merasa dihargai dan diakui kalau dirinya sudah dewasa adalah memuji penampilannya. Sebagai orangtua Anda harus bisa mendukung apa yang dilakukan asal itu masih dalam hal yang wajar. Saat si anak sedang terlihat cantik, tak ada salahnya Anda memujinya.

mendidik si remaja

2. Membiarkannya bereksperimen

Saat memasuki usia remaja, si anak biasanya akan melakukan eksperimen dalam hal berpakaian dan berdandan. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda tidak melarang hal tersebut. Biarkan saja si anak berkesperimen apa yang diinginkannya. Saat si anak berkeskperimen dengan rambutnya, Anda juga tidak boleh melarangnya. Namun, Anda juga perlu mengingatkan bahwa aktivitas coba-coba itu tidak boleh dilakukan setiap hari.

3. Membiarkannya tidur lebih lama

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya remaja tidak malas karena kerap tidur sepanjang waktu. Pada usia itu, sebenarnya mereka sudah terprogram untuk memproduksi hormon melatonin penyebab kantuk yang lebih tinggi daripada orang dewasa. Untuk itu, biarkanlah si remaja menikmati tidur siang.

4. Tetap mengingatkan remaja

Walaupun Anda membiarkan si remaja bereksperimen apa yang diinginkan, namun jangan lupa juga untuk tetap mengingatkannya. Sampaikan kepadanya bahwa fisik bukanlah segala-galanya. Yang terpenting adalah isi hati karena tidak bisa menua. Sementara, wajah semakin lama akan nampak tua.

Itulah cara mengajari remaja agar mencintai penampilannya. Sebagai orangtua, Anda harus terus memantau perkembangan si anak walaupun mereka sudah remaja. Pantau dan arahkan si anak agar selalu berada di jalan yang benar dan memiliki pribadi yang baik, termasuk mencintai dirinya sendiri. (NR)

Comment di sini