CiriCara: Cara Mengajari Akhlak Baik pada Anak

by
April 16th, 2013 at 3:18 pm

mengajari anakCiriCara.com – Sebagai orangtua, sangat penting mengajari akhlak yang baik pada anak. Sejak usianya masih kecil, Anda perlu mengajarkan atau menerapkan hal yang baik-baik di hadapannya. Bahkan, saat si anak masih di dalam kandungan pun Anda harus menjaga pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Hal tersebut merupakan pondasi bagi anak untuk mengetahui bagaimana cara berbuat dan bertingkah laku yang baik dan benar. Saat si anak sudah dilahirkan Anda tetap perlu membiasakan hal tersebut di hadapannya.

Ketahuilah bahwa mengajari akhlak baik pada anak memang bukanlah hal yang mudah mengingat sikap anak yang masih dinamis. Namun, ada cara tepat untuk mengajari akhlak baik pada anak. Bagaimana? Berikut cara mengajari akhlak baik pada anak:

1. Menamkan nilai agama

Sejak dini, si anak harus sudah dibiaskan untuk menjalankan perintah agama yang dianut. Agama merupakan pondasi yang sangat penting bagi setiap orang. Untuk itu, Anda harus bisa memberikan pendidikan mengenai agama serta mengenai nilai-nilai ibadah dan kesantunan. Dengan memberikan pengajaran dan pendidikan untuk mereka akan tertanam juga pada hati dan pikirannya untuk berbuat baik. Namun, berikanlah pengajaran yang menyenangkan agar si anak mau mendengarkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

kebiasaan baik pada anak

Thinkstockphotos

2. Memotivasi anak untuk berbuat baik

Dalam hal ini, Anda juga harus bisa memberikan si anak motivasi untuk berbuat baik. Biasanya, anak kecil lebih mudah tersentuh hatinya jika dimotivasi oleh orangtuanya. Untuk itu, jangan pernah mengancam si anak untuk berbuat baik karena malah akan membuatnya malah menjadi berontak.

3. Memberikan contoh yang baik

Anak yang memiliki kepribadian baik bisa juga berasal dari kebiasaan yang dilakukan oleh kedua orangtuanya. Untuk itu, Anda harus memberikan contoh yang baik pada anak. Misalnya, bertutur kata yang lembut, rajin beribadah, sering membantu orang lain, dan kebiasaan-kebiasaan baik lainnya. Dengan begitu, si anak juga akan mau menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.

4. Memberikan penghargaan untuknya

Seorang anak biasanya juga akan senang jika dihargai oleh orangtuanya. Untuk itu, Anda sebagai orangtua harus bisa menghargai si anak. Misalnya, saat dirinya sudah mau menuruti perkataan orangtuanya dan bersikap baik pada teman sebayanya, Anda bisa membuatkan makanan kesukaan untuknya.

Itulah cara mengajari akhlak baik pada anak. Bagaimanapun juga, menerapkan akhlak baik sejak dini sangat disarankan bagi orangtua. Tujuannya adalah agar si anak kelak menjadi seseorang yang memiliki kepribadian baik dan membanggakan kedua orangtuanya. (NR)

Comment di sini