CiriCara: Cara Mudah Meredam Nafsu Makan

by
April 16th, 2013 at 4:51 pm

menekan nafsu makanCiriCara.com – Menjaga berat badan tubuh bukan hanya terletak dari banyaknya jumlah makanan yang masuk, tetapi juga dari gaya hidup Anda sehari-hari. Jika Anda memiliki gaya hidup yang salah, maka bisa jadi akan terus merasa lapar sehingga sulit mengontrol berat badan.

Padahal, untuk mengontrol berat badan sangatlah mudah yaitu dengan meredam nafsu makan berlebih. Anda harus bisa meredam nafsu makan itu untuk membatasi jumlah kalori yang masuk.

Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan agar memperpanjang rasa kenyang. Apa saja? Dicuplik dari Health.Kompas.com, berikut cara meredam nafsu makan:

1. Makan dengan porsi kecil

Sebuah penelitian dari Arizona State University menunjukkan bahwa memotong-motong makanan dalam porsi kecil akan mendorong timbulnya kepuasan lebih besar dibandingkan dengan makan dalam porsi besar, meskipun jumlah kalorinya sama. Agar bisa merasa kenyang lebih lama, coba makanlah dalam porsi kecil saja.

2. Biasakan untuk sarapan

Ada baiknya mengawali hari dengan selalu melakukan sarapan. Selain meningkatkan metabolisme, sarapan juga berpengaruh besar pada asupan makanan. Orang yang tidak sarapan biasanya mengonsumsi makanan manis 40 persen lebih banyak, mengonsumsi minuman bersoda 55 persen lebih banyak, dan kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak biasa sarapan memiliki bobot tubuh lebih berat.

makan porsi kecil

3. Makan secara perlahan

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Jornal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan bahwa makan dengan cepat bisa memghambat pelepasan hormon yang berkaitan dengan rasa kenyang. Akibatnya, seseorang bisa mengonsumsi makanan lebih banyak. Untuk itu, makanlah secara perlahan saja agar Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

4. Mengonsumsi lemak

Mengonsumsi lemak lebih banyak merupakan salah satu cara untuk mengurangi berat badan. Namun, lemak yang dikonsumsi merupakan lemak yang tepat. Seorang ahli mengatakan bahwa asam oleic, si lemak baik akan memicu usus halus memproduksi zat yang akan mempengaruhi sistem saraf dan melepaskan pesan ke otak bahwa perut telah kenyang. Sumber lemak yang bisa Anda konsumsi yaitu kacang-kacangan, alpukat, dan inyak zaitun murni.

5. Berolahraga

Kegiatan olahraga bukan hanya bisa membakar kalori dan mempercepat metabolisme. Namun, bisa mengembalikan sensitivitas yang berkaitan dengan rasa kenyang. Hal tersebut tentunya bisa membuat seseorang jadi enggan mengemil. Bukan hanya olahraga saja yang bisa memberikan efek tersebut, tapi berjalan selama 15 menit juga bisa memberikan efek yang sama.

Itulah cara membuat kenyang lebih lama. Degan begitu, secara tidak langsung Anda bisa menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat. (NR)

Comment di sini