CiriCara: Cara Tepat Meyakinkan Pilihan dalam Berkarier

by
April 16th, 2013 at 11:21 am

berkarierCiriCara.com – Setelah lulus kuliah, terkadang seseorang bingung ingin menjalani karier yang seperti apa. Menentukan satu profesi memang sebuah keputusan yang cukup sulit. Bukan hanya bagi orang yang baru lulus kuliah saja, tapi mereka yang sudah bekerja beberapa tahun di perusahaan terkadang juga merasa tidak cocok dengan profesi yang dijalani.

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, biasanya Anda harus melewati beberapa tes dahulu yaitu psikotes dan tes wawancara. Namun, apakah pekerjaan yang Anda lamar itu sesuai dengan minat? Masih ada beberapa orang yang melamar pekerjaan tidak sesuai minat sehingga pada saat diterima mereka menjalaninya kurang semangat.

Bagi Anda yang kesulitan dalam memilih karier, sebaiknya segera atasi hal tersebut. Inilah cara meyakinkan pilihan dalam berkarier:

menentukan karier

1. Yakin pada kemampuan yang dimiliki

Beberapa orang mungkin akan keluar jalur dari bidang yang ditekuni untuk membangun karier. Namun, hal tersebut wajar-wajar saja asalkan Anda yakin pada kemampuan yang dimiliki bahwa bisa mendalami profesi tersebut. Hanya saja, Anda akan belajar lebih banyak hal-hal baru. Hal tersebut juga bisa menunjang karier Anda untuk ke depannya.

2. Fokus pada pilihan

Untuk meyakinkan pilihan dalam berkarier, Anda juga harus fokus pada pilihan yang sudah ditetapkan. Jangan mudah tergoda dengan kesempatan karier yang lain. Jika Anda sudah menetapkan satu pilihan, maka akan ada banyak hal yang bisa didapat dan bermanfaat untuk diri sendiri.

3. Tetapkan pilihan karier sejak dini

Membangun karier sejak dini sebenarnya lebih baik daripada Anda harus berpindah-pindah perusahaan dan profesi. Sebaiknya, fokuslah pada satu bidang dan menguasainya sejak awal. Dengan begitu, Anda akan andal dan bisa membuat karier menjadi lebih bersinar dan menjalaninya dengan penuh semangat.

4. Sadari bahwa tidak semua orang mendapatkan karier idaman

Saat ingin memilih karier apa yang cocok, Anda harus menyadari dahulu bahwa tidak semua orang akan mendapatkan karier impiannya. Apalagi jika mereka baru lulus kuliah. Anda harus menjalani beberapa pekerjaan yang akan menambah pengetahuan dan pengalaman. Jika hal tersebut sudah didapat, maka karier Anda untuk ke depannya akan lebih cemerlang.

Itulah cara tepat meyakinkan pilihan dalam berkarier. Yakin pada pekerjaan atau profesi yang dijalani memang harus dilakukan agar bisa bekerja dengan baik. Jangan pernah menganggap diri Anda tidak mampu melakukan suatu pekerjaan karena akan sulit mendapatkan kesuksesan dalam berkarier. (NR)

Comment di sini