Berkat Eyang Subur, Rating Acara Televisi Jadi Naik Drastis

by
April 17th, 2013 at 4:13 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Jangan heran jika akhir-akhir ini Eyang Subur menjadi topik utama pemberitaan di berbagai media baik media cetak, elektronik, dan online.

Kasus yang menimpa mantan guru spiritual Adi Bing Slamet ini memang melibatkan nama sederet nama pelawak dan artis sehingga tak heran bila segala sesuatu yang berkaitan dengan Eyang Subur menjadi bahan pemberitaan infotainment dan talk show.

Namun mirisnya, meskipun kabar yang diberitakan terkesan monoton namun rating sejumlah infotainment justru naik drastis karena Eyang Subur. Bahkan kabarnya, beberapa acara infotainment yang tayang pagi hari berhasil mengalahkan rating acara musik di waktu yang sama.

Karena pemberitaan yang dianggap membosankan dan tidak mendidik inilah, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan himbauan kepada 11 stasiun TV nasional tentang pemberitaan Eyang Subur.

Tabloid Bintang

Tabloid Bintang

Nina Mutmainah selaku Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat mengatakan bahwa pihaknya telah banyak menerima aduan dari masyarakat yang keberatan atas tayangan pemberitaan dan informasi tentang Eyang Subur.

Pemberitaan dan informasi yang disampaikan itu dianggap semakin mempertajam konflik dan mendorong pihak yang berselisih untuk membuka aib masing-masing.

“Selain itu, pemberitaan atau informasi yang disampaikan telah memperburuk, merusak reputasi, dan menghakimi objek berita serta disiarkan pada jam tayang anak,” kata Nina seperti dikutip oleh sumber berita, TabloidBintang.com, Jumat, 12 April 2013.

Namun tampaknya himbauan dari KPI ini tidak terlalu digubris oleh pihak stasiun televisi karena rating sejumlah program yang berkaitan dengan Eyang Subur selalu naik drastis.

Misalnya saja, acara Bukan Empat Mata yang ditayangkan semalam, Senin, 15 April 2013 di Trans 7 membahas tentang Arya Wiguna dan mantan istrinya yang dianggap berada satu pihak dengan Adi Bing Slamet. Acara tersebut juga dihadiri oleh kuasa hukum Eyang Subur, Ramdhan Alamsyah.

Dalam acara tersebut, terjadi ketegangan antara Arya Wiguna dan Ramdhan yang berujung pada penggerebekan meja. Meski dibumbui dengan insiden seperti itu, nyatanya acara itu masih bisa menembus angka 10 besar rating acara televisi dengan meraih peringkat 6, dengan TVR 3,3 dan share 22,4 (ABC).

Acara berbau Eyang Subur lainnya juga dijadikan topil oleh program Debat milik tvOne. Program yang menampilkan Farhat Abbas, Arya Wiguna, Ramdhan Alamsyah, dan Eyang Sigit bisa masuk ke peringkat 15 dengan TVR 2,4 dan share 9,8 (ABC).

Memang, selain membawa berkah bagi para pengikutnya, Eyang Subur ternyata bisa membawa berkah lain bagi stasiun televisi. (RN)

Comment di sini