CiriCara: Cara Agar Anak Mau Membawa Bekal

by
April 17th, 2013 at 2:42 pm

anak membawa bekalCiriCara.com – Sejak TK (Taman Kanak-kanak), biasanya anak-anak diharuskan untuk membawa bekal. Namun sayangnya, saat ini kebanyakan orangtua ingin praktis dengan membekali uang jajan saja kepada anaknya. Jika sudah dibekali uang jajan, maka si anak bisa membeli makanan yang tidak sehat sehingga membuatnya sakit perut.

Untuk itu, sebagai orangtua Anda harus selalu membawakan bekal untuk si anak saat dirinya hendak pergi ke sekolah. Bekal yang Anda buatkan sudah terjamin kebersihannya dan bisa membuat si anak menjadi lebih sehat. Namun, agar tidak membuat bosan si anak, Anda juga harus mengasah kreativitas dalam menyajikan bekal.

Bekal si anak tidak melulu mi instan atau telur saja. Namun, Anda bisa mengkombinasikan dengan berbagai macam sayuran warna-warni dan dibuat semenarik mungkin. Tidak hanya itu saja, ada hal lain yang harus Anda lakukan agar si anak ingin membawa bekal dibandingkan jajan di lingkungan sekolah.

Berikut cara agar si anak mau membawa bekal:

1. Berdiskusi mengenai makanan dengan anak

Agar si anak tidak bosan dibawakan bekal yang itu-itu saja, cobalah Anda berdiskusi dengannya. Cari tahu hal atau makanan apa yang disukainya. Dengan begitu, Anda bisa mengasah kreativitas dalam membuatkan bekal untuk si anak. Selain itu, beritahu juga kepadanya kalau jajanan di lingkungan sekolah itu tidak semuanya baik untuk dimakan karena bisa menyebabkan penyakit.

2. Mengajaknya berbelanja

Salah satu cara agar si anak mau selalu membawa bekal adalah mengajaknya berbelanja. Saat ingin berbelanja bahan-bahan pokok untuk membuatkan si anak bekal, Anda bisa mengajak si anak. Biarkan si anak memilih buah dan sayuran yang disuka.

Corbisimages

Corbisimages

3. Menyesuaikan porsi si anak

Ketika membawakan bekal untuk si anak, pastikan makanan tersebut pas untuknya. Maksudnya adalah si anak tidak kekurangan atau kekenyangan setelah memakannya. Jika kekurangan atau kelebihan, maka bisa membuat si anak jadi malas untuk membawa bekal makanan dari rumah.

4. Memvariasikan bentuknya

Agar si anak ingin selalu membawa bekal makanan, Anda dituntunt untuk menjadi ibu yang kreatif. Anda bisa meniru kreativitas orang-orang Jepag dalam membuat bekal atau yang dikenal dengan bento. Misalnya, telur dadar yang dihias menyerupai wajah, membentuk tampilan makanan menyerupai tokoh kartun, nasi gulung isi sosis, dan lain sebagainya. Dengan begitu, si anak akan penasaran pada hari-hari berikutnya dan jadi mau untuk selalu membawa bekal makanan.

Itulah cara agar si anak ingin selalu membawa bekal makanan. Bagaimanapun juga, bekal makanan sangat penting dibawa anak karena lebih terjamin kebersihannya. Dengan begitu, si anak bisa semakin sehat dan selalu konsentrasi saat belajar di kelas. (NR)

Comment di sini