CiriCara: Cara Sehat Bekerja untuk Ibu Hamil

by
April 17th, 2013 at 3:32 pm

bekerja saat hamilCiriCara.com – Saat ini beberapa ibu hamil masih sering menjalankan aktivitasnya. Pada saat hamil, mereka tidak mau hanya mengisi hari-harinya hanya di rumah. Untuk itu, banyak ibu hamil yang masih ingin tetap bekerja.

Namun, ibu hamil disarankan untuk tidak terlalu lelah saat melakukan aktivitas. Ketahuilah bahwa saat hamil, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita, mulai dari perubahan fisik, hormonal, hingga emosi. Karena itulah ibu hamil biasanya lebih cepat merasa lelah.

Untuk mencegah kelelahan itu dan menjaga kondisi tubuh dan si janin tetap sehat, Anda disarankan untuk memiliki pola hidup sehat baik itu di rumah maupun di kantor. Lalu, pola hidup sehat bagaimana untuk si ibu hamil yang bekerja? Berikut cara sehat bekerja untuk ibu hamil:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Makanan sehat harus selalu dikonsumsi ibu hamil, apalagi bagi Anda yang hamil sambil bekerja. Pada saat hamil, Anda akan tetap mengeluarkan energi dann bisa menyebabkan kelelahan. Untuk itu, jangan pernah mengabaikan makanan yang sehat dan bergizi agar kondisi tubuh Anda dan si janin tetap sehat. Pastikan menu sehat Anda per harinya mengandung karbohidrat kompleks dan protein.

ibu hamil sehat

2. Jangan mengonsumsi makanan berlemak

Pekerjaan seringkali menyebabkan stres wanita karier. Bagi Anda wanita hamil yang sambil bekerja sebaiknya menghindari makanan berlemak karena bisa meningkatkan stres. Pada saat hamil, hindari stres karena bisa mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan.

3. Melakukan latihan ringan di ruangan

Jika pekerjaan menuntut Anda untuk selalu duduk, maka luangkanlah beberapa jam sekali untuk berjalan. Bagi ibu hamil yang bekerja, pastikan Anda berjalan secara berkala atau melakukan latihan peregangan untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Dengan begitu, sirkulasi darah Anda akan lancar sehingga mencegah bengkak pada kaki yang kerap dialami oleh sebagian besar ibu hamil.

4. Memakai pakaian yang nyaman

Beberapa perusahaan atau pegawai pemerintahan mewajibkan memakai seragam saat bekerja. Akan tetapi, bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya mintalah dispensasi agar bisa memakai pakaian yang agak longgar sehingga lebih nyaman dan tidak menekan janin. Selain itu, pakaian longgar juga memudahkan ibu hamil untuk bisa bernapas dengan baik.

5. Beritahu kehamilan pada atasan

Beritahu kehamilan Anda pada atasan. Terkadang, beberapa wanita lebih suka menyampaikan kabar kehamilan pada tahap awal dan menunggu sampai trisemester kedua. Namun alangkah baiknya menginformasikan kehamilan itu pada saat gejala kehamilan muncul agar atasan bisa mengurangi beban kerja Anda.

Itulah cara sehat bekerja untuk ibu hamil. Jika Anda menjaga kondisi diri dan si janin dengan baik, maka pekerjaan pun bukan menjadi penghalang pada saat hamil. Akan tetapi, jika merasa sangat kelelahan untuk menjalani aktivitas itu, lebih baik dihentikan saja demi kesehatan Anda dan si janin. (NR)

Comment di sini