5 Aplikasi File Manager Android Terbaik

by
April 18th, 2013 at 4:53 pm

Top-Android-file-explorersCiriCara.com – Guna mengatur file dan data pada gadget Android kita, kadang tidak cukup dengan aplikasi pengatur file bawaan Android. Pada platform besutan Google ini, banyak tersedia aplikasi file manager dari pihak ketiga yang menawarkan fitur-fitur yang lengkap dan mudah penggunaannya.

Dengan file manager kita bisa merapikan, mengubah nama, mengirim, menyalin, menghapus file dengan cepat dan mudah. Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi file manager alternatif untuk Android Anda, berikut ada 5 aplikasi file manager Android terbaik.

1. Astro File Manager

android_app_astro_file_manager_2

Aplikasi file manager ini adalah salah satu aplikasi yang paling populer di kalangan pengguna gadget Android, karena tidak hanya gratis tapi aplikasi ini kaya fitur. Selain fitur file manager standar,Astro juga menawarkan fitur backup, fitur pembaca teks dan gambar, koneksi ke jaringan WLAN, dukungan file ZIP/RAR, task manager, dan sebagainya.

2. Root Explorer

5d6b420701c3eb0bf80ee9c0892605c9.png

Kalau aplikasi yang satu ini tidak gratis alias berbayar.namun jangan khawatir, fitur yang ditawarkan aplikasi ini pun sebanding dengan harga yang dipasang. Root Explorer tidak hanya dapat melihat hingga ke dalam sistem Android tapi juga dapat membuka file dan folder yang umumnya tidak bisa dibaca. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan fitur search, pengiriman file (email, Bluetooth), bookmark, pembaca file XML, dan lain-lain.

3. ES File Explorer

5328-0.png

Fitur tambahan aplikasi file manager ini lebih ke arah hiburan. Selain fitur standar file manager, task killer, dan ftp client yang bisa menghubungkan gadget Android dengan komputer, ES juga memiliki pemutar media sendiri yang dapat memutar video, musik, dan gambar.

4. X-plore

apc1212_how-to_organise-android_X-plore

X-plore hadir dengan format berbeda dengan yang lain namun sangat berguna yakni, dua kolom, hampir mirip seperti Windows Explorer. Dengan dua kolom ini, proses salin data, memindah data, menghapus data, dan lain-lain terasa lebih mudah. Dan seperti pada Windows Explorer, X-plore juga menampilkan folder-folder dalam tampilan pohon folder sehingga segalanya mudah diproses.

5. File Expert

file_expert_android_2

Aplikasi ini selain mengusung fitur standar file manager juga menawarkan koneksi gadget Android ke komputer menggunakan FTP transfer lewat Wi-Fi. Dengan fitur ini Anda bisa melihat file di komputer Anda lewat Android dan juga sebaliknya. Aplikasi ini hadir dalam dua versi, gratis dan berbayar.

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengelola file dalam gadget Android Anda dengan lebih baik. Anda bisa mencoba aplikasi Android ini satu persatu dan pilih yang paling cocok dengan Anda. (LH)

Comment di sini