CiriCara: Cara Cerdas Menghadapi Anak Malas Belajar

by
April 18th, 2013 at 3:52 pm

menghadapi anak malas belajarCiriCara.com – Menyuruh atau mengingatkan anak belajar memang gampang-gampang susah. Terkadang si anak tiba-tiba mau belajar dan terkadang sangat sulit untuk disuruh belajar. Hal tersebut sangatlah wajar karena emosi si anak masih berubah-ubah dan masih ingin menikmati masa-masa bermainnya.

Jika si anak malas belajar, maka jangan dipaksakan. Memaksa si anak malah akan membuatnya berontak atau pelajaran yang dipelajari malah tak akan masuk otak. Untuk itu, Anda harus cerdas menghadapinya agar si anak mau belajar.

Bagaimana caranya? Inilah cara cerdas menghadapi anak malas belajar:

1. Memotivasi si anak

Si anak yang malas belajar sebaiknya jangan dimarahi. Sebagai orangtua, Anda harus sabar menghadapinya. Anda harus memberikan motivasi agar si anak mau dan semangat untuk belajar. Selain itu, beritahulah manfaat yang bisa anak dapat jika dirinya rajin belajar. Misalnya mengatakan, “Anak yang rajin belajar itu disayang guru dan orangtuanya”. Dengan begitu, hati si anak mungkin akan tergugah untuk belajar karena dirinya ingin disayang.

2. Mengajaknya bermain sambil belajar

menemani anak belajar

Salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah mengajaknya bermain sambil belajar. Mungkin metode belajar yang sunyi malah akan membuatnya bosan dan malas belajar. Untuk itu, Anda perlu mendampinginya saat si anak sedang belajar. Selain itu, berikanlah pertanyaan-pertanyaan tentang pelajaran di sekolah ketika si anak sedang bermain. Cara lain yaitu saat si anak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, Anda bisa memberikannya sebuah permen atau cokelat.

3. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Anda perlu menetapkan jam belajar anak. Namun, saat si anak sedang belajar pastikan Anda menghargainya. Anda juga harus mematikan segala aktivitas yang mengganggu belajar si anak. Bila perlu, ikutlah menemani si anak belajar agar semangat belajarnya meningkat. Ketahuilah bahwa biasanya si anak akan merasa senang jika belajar ditemani oleh orangtua.

4. Memberikan penghargaan pada anak

Untuk meningkatkan semangat belajarnya, Anda juga perlu menghargai kerja keras si anak. Misalnya, karena si anak rajin belajar, lalu dia selalu mendapatkan nilai bagus saat di kelas. Agar membuatnya senang dan lebih semangat belajar, berikanlah penghargaan untuknya. Misalnya, membuatkan makanan kesukaan atau mengajaknya liburan.

Itulah cara cerdas menghadapi anak malas belajar. Sebagai orangtua yang baik, Anda perlu sabar menghadapi anak yang malas belajar. Jangan memarahinya karena bisa membuatnya berontak dan jadi tak mau belajar. (NR)