CiriCara: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Minim

by
April 18th, 2013 at 1:59 pm

mengelola keuangan keluargaCiriCara.com – Saat seseorang sudah berkeluarga, tentunya uang yang akan dikeluarkan per bulannya akan lebih banyak. Mereka yang sudah berkeluarga perlu membayar listrik, telepon, air, biaya makan, kebutuhan anak, dan lain sebagainya. Untuk itu, suami dan istri perlu pintar-pintar mengelola keuangan keluarga agar kebutuhan tersebut bisa terpenuhi.

Akan tetapi, bagaimana jika penghasilan keluarga minim? Apakah semua kebutuhan per bulan bisa tertutupi? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus cerdas menyiasatinya. Penghasilan minim sebulan itu harus dikelola dengan bijak agar semua kebutuhan bisa terpenuhi termasuk untuk menabung dan liburan.

Lalu bagaimana caranya? Berikutnya cara mengelola keuangan keluarga yang minim:

1. Mencatat kebutuhan per bulan

Pengeluaran per bulan alangkah baiknya Anda catat.  Misalnya, membayar tagihan listrik, telepon, air, pembantu, ongkos anak, belanja, dan lain sebagainya. Jika sudah mencatat semua pengeluaran per bulan, maka Anda juga perlu mengakumulasi uang yang dikeluarkan.

mengelola keuangan

2. Sisakan untuk menabung

Saat mengakumulasikan pengeluaran per bulan, jangan lupa juga memisahkan uang untuk ditabung. Menabung juga perlu Anda catat sebagai pengeluaran per bulan. Anda harus menabung 30% dari pendapatan masing-masing suami dan istri. Dengan menabung, tentunya belanja per bulan bisa dilakukan secara berlanjut. Selain itu, keluarga juga akan menjadi harmonis karena kebutuhan hidup bisa tercukupi.

3. Pergunakan uang dengan bjak

Jika keuangan keluarga yang dimiliki minim, maka Anda harus bijak menggunakannya. Jangan hanya mengikuti hawa nafsu untuk membeli barang-barang yang tidak begitu diperlukan. Alangkah baiknya, pengeluaran lebih mengacu pada hal-hal yang paling dibutuhkan oleh anggota keluarga saja. Cara ini tentunya untuk mencegah Anda dan keluarga kekurangan uang.

4. Berbisnis

Jika salah satu pasangan tidak bekerja, maka cobalah melakukan gerakan cerdas untuk menyiasati penghasilan keluarga yang minim. Misalnya, berjualan atau melakukan bisnis online. Hal tersebut tentunya bisa menambah penghasilan dalam rumah tangga.

5. Liburan hemat

Jika ada sisa penghasilan, maka Anda bisa pergunakan uang itu untuk liburan bersama keluarga. Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang diperlukan anak dan Anda untuk menghilangkan stres. Selain itu, liburan juga bisa membuat keluarga semakin terlihat harmonis. Namun karena penghasilan keluarga yang minim, pergilah ke tempat berlibur yang murah tapi menyenangkan.

Itulah cara mengelola keuangan keluarga yang minim. Asalkan Anda cerdas mengelola keuangan, kebutuhan keluarga akan tetap bisa terpenuhi. Dengan begitu, keluarga juga tetap bisa hidup bahagia. (NR)

Comment di sini