CiriCara: Cara Tepat Memilih Scrub

by
April 18th, 2013 at 11:44 am

scrubbingCiriCara.com – Jangan biarkan sel kulit mati menumpuk karena bisa membuat kulit Anda jadi terlihat kusam. Salah satu cara mudah untuk membersihkannya adalah dengan melakukan eksfoliasi menggunakan scrub. Melakukan scrubbing saat ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja karena sudah banyak sekali pilihannya di toko-toko perawatan kecantikan.

Menggunakan scrub selain bertujuan untuk meluruhkan sel mati penyebab kulit kering dan kusam, juga mempercepat proses regenerasi sel kulit. Sebenarnya, secara alami kulit beregenerasi selama 14 – 21 hari. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, ditambah dengan gaya hidup yang tidak bersahabat bagi kulit, seperti berada di dalam ruangan AC, mengonsumsi alkohol, merokok, dan sering bergadang membuat regenerasi sel kulit tidak optimal.

Jika terus dibiarkan, maka kulit akan terlihat kusam karena penumpukan sel kulit mati. Untuk itulah Anda perlu melakukan scrubbing. Sebelum memakainya, Anda perlu memilih scrub seperti apa yang tepat untuk dipakai. Ketahuilah bahwa bahan utama yang paling penting dari scrub adalah butiran-butiran scrub atau biasa disebut granula. Material itulah yang membantu Anda dalam proses pengelupasan sel-sel kulit mati.

Berikut cara tepat memilih scrub:

1. Pilih srub berdasarkan tipe granula

memakai scrub

Ukuran granula dari produk scrub yang tersedia di pasaran bervariasi, mulai dari partikel berukuran kecil hingga ukuran besar. Granula yang lebih besar mampu mengelupaskan kulit lebih tuntas. Sedangkan, granula berukuran kecil membantu pengelupasan lebih lembut.

2. Pilih granula yang cukup halus

Untuk tubuh, sebaiknya pilihlah granula yang cukup halus karena tidak akan mengiritasi kulit meski Anda menggosoknya dengan keras. Sementara granula dengan jenis yang lebih kasar lebih cocok untuk area kulit yang lebih tebal, seperti lutut dan siku.

3. Pilih sesuai jenis kulit

Ketahuilah bahwa jenis kulit yang dimiliki menentukan pilihan produk scrub. Bagi si pemilik kulit kering, pilihlah scrub yang mengandung krim pelembap sebagai bahan dasar utama. Misalnya, scrub berbahan dasar cokelat, madu, atau minyak almond. Bahan tersebut membantu meningkatkan kelembapan kulit. Sedangkan bagi si kulit berminyak, pilihlah scrub yang berbahan dasar oatmeal, pepaya, atau lemon.

4. Pilih scrub yang memberikan efek rileks

Seorang pakar kosmetik mengatakan bahwa Anda harus benar-benar tenang saat mengaplikasikan scrub agar tubuh bisa merasakan khasiat proses pengelupasan kulit secara alami. Proses pengelupasan tidak akan berjalan maksimal jika Anda melakukannya terburu-buru.

Itulah cara tepat memilih scrub. Jika kulit mengalami kemerahan berkepanjangan setelah proses scrubbing, maka Anda harus menghentikan penggunaannya. Selain itu, jika kulit terasa panas selama lebih dari 2 jam, maka kulit Anda termasuk sensitif dan disarankan untuk tidak melanjutkan proses scrubbing. (NR)

Comment di sini