CiriCara: Ciri-ciri Orang Terkena Penyakit Kuning

by
April 18th, 2013 at 10:37 am

gejala sakit kuningCiriCara.com – Penyakit kuning atau jaudince merupakan penyakit yang disebabkan oleh menguningnya kulit, sclera (bagian putih pada mata), dan kelenjar ludah yang disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin pada tubuh manusia. Salah satu jenis pernyakit ini biasanya dialami oleh orang dewasa.

Penyakit kuning bisa disebabkan oleh virus. Virus merupakan penyebab hepatitis A, B, C, D, E, F, dan G. Selain itu, penyakit kuning juga bisa disebabkan oleh bakteri, parasit, obat-obatan, bahan kimia alami, atau sintetis yang merusak hati. Namun, biasanya jaudince menjadi salah satu gejala penyakit hepatitis A.

Pada umumnya sejumlah orang baru menyadari mengalami penyakit kuning setelah melihat warna kekuningan pada mata dan kuku. Padahal, sebelum warna kuning itu muncul, ada beberapa gejala fisik lainnya. Apa saja gejala fisik penyakit kuning? Dilansir Boldsky.com, berikut ciri-ciri orang terkena penyakit kuning:

1. Warna urine kuning

Walaupun hal tersebut bukan gejala umum penyakit kuning, namun gejala ini kadang terabaikan. Sebab, urine yang berwarna kuning gelap juga bisa menjadi indikasi dehidrasi. Penurunan asupan air akan berimbas pada konsentrasi urine. Namun, Anda bisa menduga adanya penyakit kuning jika urine berwarna kuning dengan semburat cokelat.

2. Mata dan kulit berwarna kuning

Bagi orang yang memiliki kulit berwarna gelap, kemungkinan sedikit warna kuning akan terlihat jika mereka mengalami sakit kuning. Terkadang, kulit juga bisa menjadi semakin pucat jika terkena anemia.

3. Perut terasa nyeri

Nyeri dirasakan pada sisi kanan perut, tepat di bawah tulang rusuk dan menjalar ke punggung bagian atas. Jika Anda merasakan hal tersebut, maka bisa jadi indikasi penyakit kuning karena kerusakan sel hati atau batu empedu.

ciri sakit kuning

4. Nyeri sandi

Nyeri sandi bisa saja terjadi karena berbagai alasan. Nyeri sandi memang tak bisa dikaitkan langsung dengan penyakit kuning. Namun, jika terus berlanjut diiringi dengan muntah dan urine berwarna kuning, maka bisa jadi Anda terkena penyakit kuning.

5. Nafsu makan hilang

Gejala lain yang biasanya tak disadari seseorang jika terkena penyakit kuning adalah kehilangan nafsu makan. Jika hal tersebut terus berlanjut diiringi dengan muntah dan urine berwarna kuning, maka Anda harus mencurigainya sebagai gejala penyakit kuning.

6. Gatal-gatal

Gatal-gatal merupakan gejala penyakit kuning yang muncul karena saluran empedu terseumbat. Akibatnya, gagal memberikan metabolisme bilirubin sehingga menyebabkan gatal-gatal di sekujur tubuh.

7. Muntah

Muntah bisa saja terjadi pada seseorang karena berbagai alasan. Namun, jika dibarengi dengan mual atau muntah ketika ada epidemi hepatitis, kemungkinan Anda mengalami peningkatan bilirubin.

8. Tubuh terasa lemah

Tahap awal hepatitis A biasanya ditandai dengan badan yang terasa lemah. Jika kondisi fisik melemah hingga lebih dari dua pekan dan disertai gejala lain dari peningkatan bilirubin, segeralah berkonsultasi pada dokter.

9. Perubahan warna pada tinja

Gejala penyakit kuning yang lain adalah perubahan pada warna tinja. Jika warna tinja seperti tanah liat, maka Anda patut mewaspadainya. Bisa jadi Anda mengalami penyakit kuning.

10. Suhu tubuh meningkat

Peningkatan suhu tubuh bisa juga dikaitkan dengan penyakit kuning. Namun, sering kali diabaikan oleh beberapa orang. Jika Anda demam disertai dengan menggigil dan ada gejala sakit kuning lainnya, maka segeralah ke dokter.

Itulah ciri-ciri orang terkena penyakit kuning. Ciri-ciri tersebut seringkali diabaikan oleh beberapa orang. Jika menunjukkan beberapa gejala di atas, maka lebih baik segera berkonsultasilah pada dokter. (NR)

Comment di sini