CiriCara: Cara Membangun Keluarga yang Sehat

by
April 19th, 2013 at 4:03 pm

keluarga sehatCiriCara.com – Anggota keluarga yang sehat tentunya bisa membuat kehidupan keluarga menjadi lebih harmonis. Namun, sehat di sini bukan hanya jasmani tapi juga rohani. Kesehatan rohani sangat perlu dimiliki anggota keluarga agar dijauhkan dari segala marabahaya.

Saat ini, banyak berita kriminalitas mengenai penganiayaan terhadap anggota keluarganya sendiri. Kejadian-kejadian tersebut tentunya membuat sebagian besar orang merasa prihatin. Ketahuilah bahwa kejadian tersebut bisa saja terjadi pada Anda jika anggota keluarga tak memiliki kesehatan rohani yang baik. Benarkah?

Memiliki keluarga yang sehat jasmani dan rohani memang bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk memulainya, diperlukan kerjasama antar anggota keluarga. Lalu, bagaimana cara menciptakan keluarga yang sehat jasmani maupun rohani? Inilah cara membangun keluarga yang sehat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan keluarga:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat sangat diperlukan untuk anggota keluarga. Jika dibiaskaan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, maka anggota keluarga akan dijauhkan dari segala macam penyakit. Untuk itu, konsumsilah berbagai jenis sayuran dan buah-buahan setiap hari demi kesehatan jasmani anggota keluarga.

olahraga dengan keluarga

2. Biasakan untuk meminum air putih

Ajak dan ajarkan si anak-anak mengenai pentingnya mengonsumsi air putih. Salah satu cara ini untuk memiliki kehidupan keluarga yang sehat secara jasmani. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, pastikan juga anggota keluarga meminum air putih 2 liter per harinya.

3. Berolahraga

Jadikan olahraga sebagai kebiasaan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Anda bisa mengajak olahraga anggota keluarga setiap akhir pekan ke luar rumah. Misalnya, bersepeda, berenang, jogging, bermain bulu tangkis, dan lolahraga lainnya. Namun, biasakan juga berolahraga satu jam setiap harinya. Dengan begitu keluarga Anda akan sehat secara jasmani dan menjadi sebuah keluarga yang harmonis.

4. Menerapkan ajaran agama

Menerapkan ajaran agama merupakan sebuah pondasi agar kehidupan keluarga selalu harmonis dan bahagia. Alangkah baiknya untuk beribadah bersama-sama anggota keluarga. Misalnya salat berjamaah bagi yang muslim dan pergi ke gereja bersama-sama bagi yang non-muslim. Selain itu, terapkan juga ajaran agama kepada anak agar mereka memiliki akhlak yang baik.

Itulah cara membangun keluarga yang sehat. Ketahuilah bahwa keluarga yang sehat tidak akan melukai atau bahkan sampai mmebunuh anggota keluarga lainnya. Untuk itu, sangatlah penting menciptakan keluarga yang sehat jasmani dan rohani. Jika ada masalah, maka sebaiknya diselesaikanlah secara baik-baik saja. (NR)

Comment di sini