Flu Burung Baru Jenis H7N9 Mulai Melanda China

by
April 19th, 2013 at 4:40 pm

Beijing (CiriCara.com) – Wabah flu burung belum musnah. Flu mematikan yang biasanya disebabkan oleh unggas ini kembali muncul di China. Dan yang paling berbahaya, virus ini muncul dalam varian baru, H7N9.

Dilansir dari VOAIndonesia.com, menurut keterangan dari petinggi China, virus baru flu burung itu kemungkinan dapat menyebar dari manusia ke manusia. Namun walau bisa menyebar, namun wabah tidak akan meluas.

Business Insider

Business Insider

Hal ini juga dibenarkan oleh Feng Zijian selaku Direktur Badan Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Menular yang mengatakan bahwa penularan virus H7N9 dari manusia ke manusia memang secara teori dapat terjadi meski kasusnya sangat jarang ditemukan.

Menurut keterangan dari pemerintah China, sejak virus baru ini menjangkiti manusia bulan lalu, sudah ada 17 kasus kematian dengan total keseluruhan 82 orang yang terinfeksi. Orang yang terinfeksi itu sebagian besar berada di dekat kota Shanghai.

Sebelumnya virus itu dipercaya hanya menular dari unggas ke manusia namun masih bisa menyebar. Berdasarkan keterangan medis, sekitar 40 persen orang-orang yang terinfeksi oleh virus itu pernah terlibat kontak langsung dengan unggas.

Pada hari ini, Jumat, 19 April 2013, China telah membenarkan adanya lima kasus baru flu burung H7N9 yang berada di Shanghai, Jiangsu, Zheijang, dan Henan.

Sebelum dilaporkan sebelumnya, sudah ada 87 kasus H7N9 termasuk 17 kasus yang kemudian berakhir dengan kematian. Dari semua kasus yang dilaporkan itu, sebanyak 6 pasien sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit sementar 64 pasien lainnya masih dirawat di rumah sakit. (RN)

Comment di sini