Gempa Berkekuatan 7,2 SR Goyang Jepang

by
April 19th, 2013 at 11:55 am

gempa jepangTokyo (CiriCara.com) – Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang kawasan utara Jepang hari ini (19/4).

Menurut pernyataan badang meteorologi  Jepang, pertama-tama kekuatan gempa yang baru saja terjadi adalah 6,2 skala Richter namun kemudian meningkat.

Badan survei geologis Amerika Serikat (USGS) mengungkapkan gempa menghantam kawasan di dekat kepulauan Kuril yang dikuasai Rusia, 1.490 kilometer utara Tokyo dengan kedalaman mencapai 122 kilometer.

Gempa berkekuatan besar tersebut paling dirasakan oleh warga di Hokkaido. Belum ada laporan terkait korban ataupun kerusakan akibat gempa.

“Kami belum mendapatkan laporan tentang kerusakan sejauh ini,” ungkap juru bicara kepolisian Hokkaido sembari menambahkan bahwa laporan korban luka juga belum ada seperti dilansir AFP.

Menurut USGS, gempa terjadi sekitar pukul 23.00 waktu setempat dan indikasi akan terjadinya tsunami tidak ditemukan.

Jepang memang dikenal sebagai negara yang sering diguncang gempa. Pada Rabu (17/4) juga terjadi gempa berkekuatan 6,2 Sr DI Pulau Miyake. Gempa terakhir yang paling besar terjadi pada 2011.

Wilayah terparah yang dilanda gempa 2011 adalah Fukushima. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima bahkan sampai mengalami kerusakan sehingga memaksa ribuan orang yang tinggal di sekitarnya mengungsi ke daerah lain yang lebih aman. Menurut Japanese National Police Agency (JNPA), jumlah korban tewas akibat gempa ini mencapai 15.269 orang, sementara 8.526 lainnya hilang.

(hp)

AFP

Comment di sini